BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Masalah
Berbagai cara yang
dilakukan dalam penanganan perjudian yang saat ini tetap hidup dalam
masyarakat. Perjudian membahayakan bagi penghidupan dan kehidupan masyarakat,
bangsa dan Negara, karena sangat mengganggu perekonomian keluarga yang sering
berakhir dengan kriminalitas.
Dalam perspektif hukum,
perjudian merupakan salah satu tindak pidana (delict) yang meresahkan
masyarakat. Sehubungan dengan itu, dalam Pasal 1 UU No. 7 Tahun 1974 tentang
Penertiban Perjudian dinyatakan bahwa semua tindak pidana perjudian sebagai
kejahatan. Meski pada hakekatnya perjudian merupakan perbuatan yang
bertentangan dengan norma agama, moral, kesusilaan maupun hukum. Namun
perjudian masih menunjukkan eksistensinya, dulunya hanya terjadi dikalangan
orang dewasa pria. Sekarang sudah menjalar ke berbagai elemen masyarakat
anak-anak dan remaja yang tidak lagi memandang baik pria maupun wanita.
Dewasa ini, berbagai
macam dan bentuk perjudian sudah demikian merebak dalam kehidupan masyarakat
sehari-hari, bahkan sebagian masyarakat sudah cenderung tidak peduli bahkan
memandang perjudian sebagai sesuatu hal wajar yang tidak perlu dipermasalahkan.
Sehingga, yang terjadi perjudian dikalangan remaja semakin meninggkat, dari
meja bilyar, lapangan olah raga, hingga judi justru lebih marak digunakan
remaja untuk berjudi, hal ini yang melatar belakangi penulis untuk menyusun
karya tulis ilmiah dengan judul: “Dampak judi pada remaja”
1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar
belakang masalah yang telah dijabarkan maka
yang menjadi rumusan masalah penulis yaitu :
1.
Mengapa terjadi perjudian pada remaja ?
2.
Bagaimana dampak judi pada remaja ?
3.
Bagaimanakah mengatasi judi pada remaja dan cara
pencegahannya ?
1.3 Tujuan Penelitian
Berdasarkan
rumusan masalah yang telah ada maka tujuan penelitian ini adalah sebagai
berikut:
1.
Menjelaskan
sebab-sebab terjadinya perjudian dikalangan remaja.
2.
Memberi
penjelasan tetang perjudian yang dibahas dari sisi kriminologi.
3.
Memberi
penjelasan tengtang langkah-langkah yang bisa ditempuh untuk mengatasi dan
mencegah perjudian pada remaja.
1.4 Metode Penelitian
Dalam melakukan penelitian penulis mempergunakan metode
kepustakaan. Yaitu metode penelitian dengan cara mengumpulkan data yang
bersumber dari media buku, Koran, artikel dan situs atau web internet.
BAB II
DASAR TEORI
2.1 Pengertian Judi
2.1.1 Pengertian Judi
Menurut Undang-Undang
Dalam Undang-Undang No.
7 Tahun 1974 Tentang Penertiban Perjudian (UU No. 7 Tahun 1974) tidak ada dijelaskan
secara rinci defenisi dari perjudian. Namun dalam UU No. 1 Tahun 1946 Tentang
Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) Pasal 303 ayat (3) KUHP “Yang
dimaksud dengan permainan judi adalah tiap-tiap permainan, dimana kemungkinan
untuk menang pada umumnya bergantung pada peruntungan belaka, juga karena
pemainnya lebih terlatih atau lebih mahir. Dalam pengertian permainan judi
termasuk juga segala pertaruhan tentang keputusan perlombaan atau permainan
lainnya yang tidak diadakan antara mereka yang turut berlomba atau bermain,
demikian juga segaa pertaruhan lainnya.”
Perjudian dalam
perspektif hukum adalah salah satu tindak pidana (delict) yang meresahkan
masyarakat. Sehubungan dengan itu, dalam Pasal 1 UU No. 7 Tahun 1974 tentang
Penertiban Perjudian dinyatakan bahwa semua tindak pidana perjudian sebagai
kejahatan. Ancaman pidana perjudian sebenarnya cukup berat, yaitu dengan
hukuman pidana penjara paling lama 10 tahun atau pidana denda
sebanyak-banyaknya Rp. 25.000.000,00 (Dua puluh lima juta rupiah). Pasal 303
KUHP jo. Pasal 2 UU No. 7 Tahun 1974 menyebutkan:
(1) Diancam dengan
pidana penjara paling lama sepuluh tahun atau pidana denda paling banyak dua
puluh lima juta rupiah, barangsiapa tanpa mendapat ijin :
1. Dengan sengaja
menawarkan atau memberikan kesempatan untuk permainan judi dan menjadikannya
sebagai mata pencaharian, atau dengan sengaja turut serta dalam suatu
perusahaan untuk itu.
2. Dengan sengaja
menawarkan atau memberi kesempatan kepada khalayak umum untuk bermain judi atau
dengan sengaja turut serta dalam perusahaan untuk itu, dengan tidak peduli
apakah untuk menggunakan kesempatan adanya sesuatu syarat atau dipenuhinya
sesuatu tata cara.
3. Menjadikan turut
serta pada permainan judi sebagai pencaharian.
(2) Kalau yang bersalah
melakukan kejahatan tersebut dalam menjalankan pencahariannya, maka dapat
dicabut haknya untuk menjalankan pencaharian itu.
2.1.2 Pengertian Judi Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia
Dalam Kamus Besar Bahasa
Indonesia pergertian judi adalah permainan dng memakai uang atau barang berharga sbg taruhan dengan
tujuan mendapatkan sejumlah uang atau harta yang lebih besar daripada jumlah
uang atau harta semula.
2.2 Definisi
Remaja
2.2.1
Definisi Remaja Menurut Wikipedia
Remaja adalah
waktu manusia berumur belasan tahun. Pada masa remaja manusia tidak dapat disebut sudah dewasa tetapi tidak
dapat pula disebut anak-anak. masa remaja adalah
masa peralihan manusia dari anak-anak menuju dewasa.
2.2.2 Definisi Remaja Menurut Hurlock
Remaja berasal dari kata
latin adolensence yang
berarti tumbuh atau tumbuh menjadi dewasa. Istilah adolensence mempunyai arti
yang lebih luas lagi yang mencakup kematangan mental, emosional sosial dan
fisik Pasa masa ini sebenarnya
tidak mempunyai tempat yang jelas karena tidak termasuk golongan anak tetapi
tidak juga golongan dewasa atau tua.
2.2.3 Definisi Remaja Menurut Zakiah Derajat
Masa peralihan diantara masa kanak-kanak dan
dewasa. Dalam masa ini anak mengalami masa pertumbuhan dan masa perkembangan
fisiknya maupun perkembangan psikisnya. Mereka bukanlah anak-anak baik bentuk
badan ataupun cara berfikir atau bertindak, tetapi bukan pula orang dewasa yang
telah matang.
2.4 Definisi Remaja Menurut Penulis
2.4 Definisi Remaja Menurut Penulis
Remaja didefinisikan
sebagai masa peralihan dari masa kanak-kanak ke masa dewasa. Yang ditandai
dengan perkembangan bebagai aspek seperti fisik, psikologi, dan mentalitas.
Biasanya terjadi pada usia 12-24 tahun
2.3 Sejarah
Perkembangan Perjudian
Menurut Cohan (1964),
perjudian sudah ada sejak jaman prasejarah. Perjudian seringkali dianggap
seusia dengan peradaban manusia. Dalam cerita Mahabarata dapat diketahui bahwa
Pandawa menjadi kehilangan kerajaan dan dibuang ke hutan selama 13 tahun karena
kalah dalam permainan judi melawan Kurawa. Di dunia barat perilaku berjudi
sudah dikenal sejak jaman Yunani kuno. Para penjudi primitif adalah para dukun
yang membuat ramalan ke masa depan dengan menggunakan batu, tongkat atau tulang
hewan yang dilempar ke udara dan jatuh ditanah. Biasanya yang diramal pada masa
itu adalah nasib seseorang pada masa mendatang.
Pada saat itu nasib
tersebut ditentukan oleh posisi jatuhnya batu, tongkat atau tulang ketika
mendarat ditanah. Dalam perkembangan selanjutnya posisi mendarat tersebut
dianggap sebagai suatu yang menarik untuk dipertaruhkan. Alice Hewing (dalam
Stanford & Susan, 1996) dalam bukunya Something for Nothing: A History of
Gambling mengemukakan bahwa orang-orang Mesir kuno sangat senang bertaruh dalam
suatu permainan seperti yang dimainkan oleh anak-anak pada masa kini dimana
mereka menebak jumlah jari-jari dua orang berdasarkan angka ganjil atau genap.
Orang-orang Romawi kuno menyenangi permainan melempar koin dan lotere, yang
dipelajari dari Cina. Orang Yunani Kuno juga menggunakan hal yang sama. Selain
itu, mereka juga menyenangi permainan dadu.
Pada jaman Romawi kuno
permainan dadu menjadi sangat populer. Para Raja seperti Nero dan Claudine
menganggap permainan dadu sebagai bagian penting dalam acara kerajaan. Namun
permainan dadu menghilang bersamaan dengan keruntuhan kerajaan Romawi, dan baru
ditemukan kembali beberapa abad kemudian di sebuah Benteng Arab bernama Hazart,
semasa perang salib.
Setelah dadu
diperkenalkan lagi di Eropa sekitar tahun 1100an oleh para bekas serdadu perang
salib, permainan dadu mulai merebak lagi. Banyak kerabat kerajaan dari Inggris
dan Perancis yang kalah bermain judi ditempat yang disebut Hazard (mungkin
diambil dari nama tempat dimana dadu tersebut diketemukan kembali). Sampai abad
ke 18, Hazard masih tetap populer bagi para raja dan pelancong dalam berjudi.
Pada abad ke 14,
permainan kartu juga mulai memasuki Eropa, dibawa oleh para pelancong yang
datang dari Cina. Kartu pertama yang dibuat di Eropa dibuat di Italia dan
berisi 78 gambar hasil lukisan yang sangat indah. Pada abad 15, Perancis
mengurangi jumlah kartu menjadi 56 dan mulai memproduksi kartu untuk seluruh
Eropa. Pada masa ini Ratu Inggris, Elizabeth I sudah memperkenalkan lotere guna
meningkatkan pendapatan negara untuk memperbaiki pelabuhan-pelabuhan.
Sedangkan untuk saat ini
yang sering dipakai sebagai bahan taruha adalah hasil akhir dari sebuah
pertandingan olahraga. Olahraga yang sering dijadikan taruahan dan menjadi
lumrah hukumnya bagi para pecinta olahraga adalah sepakbola. Bahkan sepakbola
saat ini sudah dijadikan industri terutama dalam hal perjudian, sponsor dan
penjualan pemain sepakbola. Seiring dengan perkembangan teknologi terutama
internet, perjudian sepakbola dilakukan setiap hari didunia maya.
BAB III
PEMBAHASAN
3.1 Pembahasan Secara Umum
Meskipun masalah
perjudian sudah diatur dalam peraturan perundang-undangan, tetapi baik dalam
KUHP maupun UU No. 7 tahun 1974 ternyata masih mengandung beberapa kelemahan.
Kelemahan ini yang memungkinkan masih adanya celah kepada pelaku perjudian
untuk melakukan perjudian. Adapun beberapa kelemahannya adalah :
1.
Perundang-undangan hanya mengatur perjudian yang dijadikan mata
pencaharian, sehingga kalau seseorang melakukan perjudian yang bukan sebagai
mata pencaharian maka dapat dijadikan celah hukum yang memungkinkan perjudian
tidak dikenakan hukuman pidana
2.
Perundang-undangan hanya mengatur tentang batas maksimal hukuman,
tetapi tidak mengatur tentang batas minimal hukuman, sehingga dalam praktek
peradilan, majelis hakim seringkali dalam putusannya sangat ringan hanya
beberapa bulan saja atau malah dibebaskan
3.
Pasal 303 bis ayat (1) angka 2, hanya dikenakan terhadap perjudian
yang bersifat ilegal, sedangkan perjudian yang legal atau ada izin penguasa
sebagai pengecualian sehingga tidak dapat dikenakan pidana terhadap pelakunya.
Dalam praktek izin penguasa ini sangat mungkin disalahgunakan, seperti adanya
KKN (Korupsi, Kolusi dan Nepotisme) dengan pejabat yang berwenang.
Pada awalnya perjudian
hanya dilakukan dalam beberapa jenis misalnya perjudian yang sama sering
dinamakan undian, lotre, lotto (atau lottery), adu dadu, kartu, dan permainan
lainnya. Namun saat ini perjudian sudah menjadi penyakit menular dimana setiap
permainan bisa diajdikan sebagai bahan untuk melakukan perjudian. Bahkan
olahraga yang menjunjung tinggi sportifitas saat ini sudah dilegalkan menjadi
bahan untuk melakukan pertaruhan.
Salah satu cabang
olahraga yang menjadi bahan taruhan perjudian adalah sepakbola. Olahraga yang
merupakan olahraga terpopuler saat ini didunia ini dijadikan sebagai bahan
terpopuler. Bahkan diinternet saat ini banyak situs atau website yang
menyediakan layanan untuk melakukan taruhan sepakbola. Di Eropa hal ini telah
dilegalkan menjadi industri dalam dunia sepakbola. Dua website atau situs yang
saat ini populer di Indonesia adalahwww.livescore.com dan www.asianbookie.com.
Banyak masalah yang bisa
terjadi dalam melakukan perjudian ini. Beberapa masalah dalam perjudian antara
lain :
§
Beberapa orang akan menjadi ketagihan. Mereka tidak dapat berhenti berjudi, dan
kehilangan banyak uang.
§
Kadang-kadang judi tidaklah adil, jika menang atau kalah, harus
membayar sejumlah uang dan menanggung sendiri akibatnya pihak yang menang tidak
akan peduli dengan yang kalah.
Meskipun demikian
perjudian tetap saja sulit untuk diberantas, jangankan diberantas dikurangi
saja sulit, perjudian tetap eksis dimasyarakat. Memberantas perjudian layaknya
mengosongkan air laut. Meski pidananya sudah jelas dan perjudian memang salah
serta sudah dikonstruksikan sebagai tindak pidana oleh KUHP. Ada wacana yang
menyebutkan agar perjudian dilegalkan sekalian dengan membuat pengawas yang
ketat atas perjudian. Jika dikaji lebih mendalam perjudian pada dasarnya bagian
dari perikatan dan masuk pada ranah perdata.
3.2 Faktor-faktor Penyebab Perjudian Pada Remaja
3.2.1
Faktor Sosial
& Ekonomi
Bagi
masyarakat dengan status sosial dan ekonomi yang rendah perjudian seringkali
dianggap sebagai suatu sarana untuk meningkatkan taraf hidup mereka. Karena mereka
berfikir, Dengan modal yang sangat kecil mereka akan mendapatkan keuntungan
yang sebesar-besarnya atau menjadi kaya dalam sekejab tanpa usaha yang besar. Pandangan
yang relative sama juga ada diantara remaja, mereka berusaha memiliki uang
lebih dengan cara instan dengan berjudi, apalagi bagi remaja yang memang tumbuh
dilingkungan masyarakat yang memang suka berjudi.
3.2.3 Faktor Situasional
Situasi
yang bisa dikategorikan sebagai pemicu perilaku berjudi, diantaranya adalah
tekanan dari teman-teman atau kelompok atau lingkungan untuk berpartisipasi
dalam perjudian dan metode-metode pemasaran yang dilakukan oleh pengelola
perjudian. Tekanan kelompok membuat remaja penjudi merasa tidak enak jika tidak
menuruti apa yang diinginkan oleh kelompoknya. Sementara metode pemasaran yang
dilakukan oleh para pengelola perjudian dengan selalu mengekspose para penjudi
yang berhasil, sehingga memberikan kesan kepada calon penjudi bahwa kemenangan
dalam perjudian adalah sesuatu yang biasa, mudah dan dapat terjadi pada siapa
saja. padahal kenyataannya kemungkinan menang sangatlah kecil.
3.2.3 Faktor Rasa Ingin
Tahu
Rasa
ingin tahu pada remaja sangatlah besar maka sangatlah masuk akal jika faktor
belajar memiliki efek yang besar terhadap perilaku berjudi, terutama menyangkut
keinginan untuk terus berjudi. Yang memang pada awalnya ia
hanya ingin mencoba, akan tetapi karena penasaran dan
berkayakinan bahwa kemenangan bisa terjadi kepada siapapun, termasuk dirinya
dan berkeyakinan bahwa dirinya suatu saat akan menang atau berhasil, sehingga
membuatnya melakukan perjudian berulang kali.
3.2.4 Faktor Persepsi
tentang Probabilitas Kemenangan
Persepsi
yang dimaksudkan disini adalah persepsi pelaku dalam membuat evaluasi terhadap
peluang menang yang akan diperolehnya jika ia melakukan perjudian. Para penjudi
yang sulit meninggalkan perjudian biasanya cenderung
memiliki
persepsi yang keliru tentang kemungkinan untuk menang. Mereka pada umumnya
merasa sangat yakin akan kemenangan yang akan diperolehnya, meski pada
kenyataannya peluang tersebut amatlah kecil karena keyakinan yang ada hanyalah
suatu ilusi yang diperoleh dari evaluasi peluang berdasarkan sesuatu situasi
atau kejadian yang tidak menentu dan sangat subyektif. Dalam benak mereka
selalu tertanam pikiran: "kalau
sekarang belum menang pasti di kesempatan berikutnya akan menang, begitu
seterusnya".
3.2.5 Faktor Persepsi
terhadap Ketrampilan
Remaja
yang merasa dirinya sangat trampil dalam salah satu atau beberapa jenis
permainan judi akan cenderung menganggap bahwa keberhasilan/kemenangan dalam
permainan judi adalah karena ketrampilan yang dimilikinya. Mereka seringkali
tidak dapat membedakan mana kemenangan yang diperoleh karena ketrampilan dan
mana yang hanya kebetulan semata. Umumnya remaja selalu ingin mengunggulkan
diri sehingga bagi mereka kekalahan dalam perjudian tidak pernah dihitung
sebagai kekalahan tetapi dianggap sebagai "hampir menang", sehingga
mereka terus memburu kemenangan yang menurut mereka pasti akan didapatkan.
3.2.6 Faktor Waktu dan Kesempatan
Umumnya
para remaja yang suka berjudi bermula ketika mereka punya banyak waktu luang,
yang dimanfaatkan untuk sekedar bermain-main. Merasa permainan mereka kurang
menarik maka dibumbui sedikit taruhan. Dengan kondisi tanpa kendali dan
pengawasan maka kesempatan untuk terus berjudi akan terus ada. Ketika niatan
mereka lebih untuk bertaruh lebih penting dari pada bermain disinilah judi
muncul.
3.3 Dampak Judi Terhadap Remaja
3.3.1
Merusak
Hubungan Sosial
Ketika remaja sudah mulai
diketahui menyukai perjudian tentu akan mendapat sentiment dari masyarakat,
karena bagaimanapun perjudian adalah menyimpang dari norma masyarkat yang berlaku.
Terlebih orang tua akan memberi respon keras pada anak remaja yang diketahui
gemar berjudi, kadang respon keras ini justru memperkeruh suasana yang sering
mendorong remaja untuk lebih liar dari sebelumnya.
3.3.2
Menggangu
Prestasi Belajar dan Masa Depan
Bagi remaja yang terlibat
dalam perjudian, di dalam pikirnyanya hanyalah bagaimana untuk mendapat
kemenangan dan kembali bisa berjudi. Hal selain itu bukalan prioritas terlebih,
belajar, mada depan adalah urusan nanti. Kadang mereka sering membolos dan meninggalkan
sekolah hanya untuk berjudi.
3.3.3
Menjadi
Gebang Masuknya Miras dan Narkoba
Satu keburukan mengundang
keburukan yang lain, itulah pepatah yang sering kita dengar begitu juga dengan
judi, berkumpul ,bertaruh, harta dan emosi tidak lengkap rasanya kalau tidak
dilengkapi denga minum-minuman beralkohol. Tidak puas mabuk alcohol tentu saja
merek mencari-cari bahan lain yang lebih memuaskan hingga berakhir pada
penggunaan narkoba.
3.3.4
Membawa
Permasalahan Keuangan
Judi tetap saja membawa
masalah menang atau kalah uang tepa musnah, ketika kalah kita harus menyerahkan
taruhan kita ketika menang ini adalah saat tepat untuk berpesta. Sehingga pada
akhirnya masalah keuangan selalu muncul pada para penjudi muda ini.
3.3.5
Merupakan
Tindak Pidana dan Memicu krimalitas
Telah dijelaskan pada bab
sebelumnya tentang tindakan hukum pidana terhadap setiap orang yang terlibat
dalam sebuah perjudian, penangkapan dan kurungan selalu mengancam. Selain itu
banyak tindakan criminal lain yang bisa saja muncul akibat judi, krisis keuangan
bisa saja memunculkan membuat para penjudi melakukan, pencurian, pemalakan, dan
berbagai tidakan kriminal lain secara berantai.
3.4 Upaya Untuk Mengatasi dan Pencegahan Judi
Pada Remaja
3.4.1
Pembinaan
Penanaman nilai moral dan agama
Bagaimanapun keadaan sikap
mental dan moralitas yang baik adalah modal untuk menangkis dari
pengaruh-pengaruh buruk terutama nilai-nilai religious senantiasa memberi
penajaran yang mendalam untuk berlaku hidup benar dimuka bumi ini. Oleh karena
itu pembinaan dan penanaman nilai-nilai moral yang baik dan nilai religius
mestinya dilakukan sejak dini dan terus dikembangkan sesuai perkembangan anak.
3.4.2
Membangun
komunikasi efektif dan keluarga harmonis
Keluarga sangat berperan
penting dalam berbagai masalah perkembangan anak. Dukungan orang tua untuk
melindungi anak dari pengaruh negatif dari luar, bisa dilakukan dengan
membangun komunikasi efektif antara orang tua dan anak serta terbentuknya
keluarag harmonis akan mencegah remaja untuk mengarah pada perilaku negatif.
Tidak jarang anak-anak yang bermasalah disebabkan karena keluarga yang
berantakan dan orangtua yang diktator.
3.4.3
Mengarahkan
dan Mendukung Anak untuk Melakukan Kegiatan Positif Yang Mereka Sukai.
Begitu banyak waktu kosong
pada remaja menjadi alasan untuk melakukan banyak hal negatif, tentu orangtulah
yang harus jeli dalam menyikapi hal ini. Mengajak mereka melakukan kegiatan
positif saja belum cukup atau kadang malah membebani anak karena merka tidak
suka melakukannya. Cobalah untuk mengggalai hal positif apa yang di cintai dan
disukai anak sehingga bisa dikembangkan menjadi sebuah prestasi, arahkan dan
dukung mereka untuk mencapai cita-cita mereka melalui kegiatan positif yang
mereka cintai sendiri, tanpa perlu menjadi seperti orang lain.
3.4.4
Kerja
sama Masyarakat dan Aparat dalam Menjaring Perjudian
Aparat penegak hukum tentu
akan berupaya melakukan berbagai tindakan untuk segala bentuk praktek perjudian
tetapi, kesadaran masyarakat sendiri untuk melaporkan setiap praktek perjudian
adalah yang lebih penting. Sepintas judi hanyalah permainan biasa tapi ketika
anak-anak melihat maka ini akan sama dengan menanam benih baru. Jadi kesadaran
masyarakat untuk meninggalkan segala bentuk permainan judi jauh lebih penting
dari laporan dan tindakkan aparat.
BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN
4.1 Kesimpulan
Dari hasil penelitian
yang telah dibahas pada bab sebelum maka penulis dapat emberikan kesimpulan
sebagai berikut:
1.
Praktek
judi yang terjadi pada remaja disebabkan rasa ingin tahu, lingkungan, situasi, waktu dan kesempatan, serta kekeliruan dalam
mempresepsikan kemenangan dan keterampilan.
2.
Judi
pada remaja memberikan dampak buruk, terhadap pelakunnya berupa rusaknya
hubungan sosial dengan keluarga dan masyarakat, menggangu prestasi belajar,
menimbulakan masalah keuangan dan menjerumuskan remaja kedalam narkoba dan
kriminalitas.
3. Berbagai langkah yang dapat ditempuh
untuk mencegah dan mengatasi perjudian pada remaja diantaranya: penanaman niali
moral dan agama, membagun keluarga komunikatif dan harmonis, serta mengarahkan
remaja untuk melakukan kegiatan positif yang mereka sukai.
4.2 Saran
Perjudian sudah menjadi
penyakit dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Bahkan masalah perjudian sudah
menjadi penyakit akut masyarakat, dari hasil kesimpulan yang diambil maka
penulis memberikan beberapa saran berikut:
1.
Orang
tua, masyarakat dan Pemerintah semestinya memenuhi, mengarahkan dan mendukung
rasa ingin tahu generasi muda dengan berbagai kegiatan positif.
2.
Kesadaran
masyarakat bahwa judi adalah perilaku tercela harus kembali digiatkan karena
memberi dampak yang sangat buruk terutama pada generasi muda dan remaja.
3.
Membangun
keluarga harmonis dan lingkungan masyarakat yang baink untuk tumbuh kembang
anak-anak dan remaja adalah tanggung jawab setiap keluarga.
DAFTAR PUSTAKA
Aisyah, Ayu Dewi. Tinjauan
Kriminologis Terhadap Fzenomena Maraknya Perjudian Togel di Desa Bringin
Kecamatan Wajak Kabupaten Malang, Fakultas Hukum Universitas
Muhammadiyah Malang, Malang, 2009.
http://bambang.staff.uii.ac.id/2008/10/17/perjudian-dalam-perspektif-hukum/ diakses Jumat
tanggal 01 Juli 2011 pukul 12:55
http://blog.re.or.id/perjudian-dan-lokalisasi.htm diakses Jumat
tanggal 01 Juli 2011 pukul 12:58
Solahudin. Kitab
Undang-Undang Hukum Pidana, Acara Pidana, & Perdata (KUHP, KUHAP, KUHPdt),
Visimedia, Jakarta, 2008.
UU No. 1 Tahun 1946
Tentang Kitab Undang-Undang Hukum Pidana
UU No. 7 Tahun 1974
Tentang Penertiban Perjudian
21 komentar:
Isikan ID dan Password pada kolom yang tersedia Ketika Bermain Judi Poker hal yang selanjutnya ketika kita berhasil masuk kedalam situs judi poker ini karena tentunya kita tahu bahwa dalam proses
asikqq
dewaqq
sumoqq
interqq
pionpoker
bandar ceme
hobiqq
paito warna
http://199.30.55.59/asikqq78/
data hk 2019
http://ceria4d.online
TOGEL ONLINE
BANDAR TOGEL ONLINE
CERIA4D
BANDAR SYDNEY
BANDAR SINGAPORE
BANDAR HONGKONG
PREDIKSI SYDNEY
PREDIKSI SINGAPORE
PREDIKSI HONGKONG
http://twin88.online
POKER ONLINE
DOMINO POKER
TWINPOKER88
TWINPOKER
LINK ALTERNATIF TWINPOKER88
TWINKARTU
TWINQQ
JUDI POKER
BANDAR POKER
"JavaOnline99,CLUB Situs IDN Poker & IDNSports Terbaik dan Terpercaya di Asia
Yang Menyediakan Banyak Permain Online Seperti Slot Game, Casino, Sportsbook, Tembak Ikan dan Poker.
Buruan Daftar dan Dapatkan Promonya !!
Info Lebih Lanjut :
JavaOnline88 .VIP (Hapus Spasi)
WhasApp : +6281905350762
#IDNPoker
#PokerOnline
#PokerTexasIndonesia
#TurnamenPoker
#SitusPokerOnline
#PokerOnlineIndonesia
#CemeOnline
#CapsaOnline
#QiuQiuOnline
#DominoOnline
#Super10
#Omaha
Syarat dan ketentuan promo new member 30%
✔️ Syarat Withdaraw di hitung dari Coin atau Saldo (Deposit+Bonus) x5
Contoh : Deposit 10.000 + Bonus 300 = 10.300 x 4 = Minimal Withdraw Coin harus 41.200
✔️ Jika ingin melakukan withdraw dan belum memenuhi syarat Bonus Akan di tarik kembali
✔️ Depo Pulsa Tanpa Potongan
✔️ Depo Via Ovo, Dana, Gopay
✔️ Depo Via Bank BCA, BRI, MANDIRI, DANAMON, Dan BNI
IDN POKER
SITUS POKER ONLINE
POKER ONLINE INDONESIA
JUDI SLOT ONLINE
SITUS TOGEL TERPERCAYA"
Ayok Segera Bergabung Bersama Kami Hanya DI :
Kumpulan Situs Judi Online Terbaik & Terpercaya di INDONESIA sejak 2006 sampai saat ini ( Bola, Casino, Poker, Togel SG HK dll ) hanya ada disini
* Minimal Deposit : 10.000
* Minimal Withdraw : 50.000
VIPADUQ,Adalah Situs Agen Judi Poker DominoQQ BandarQ Online Terbesar di Indonesia Hadir Untuk Anda Semua Dengan Games dan Bonus Yang Menarik!Dan Pelayanan Yang 24Jam Selalu Online Untuk Melayani Anda dengan Senang Hati Kami Juga Menerima Deposit Dari Segala Jenis Bank, Link Aja, Ovo, Go-pay, Dana
Bonus yang diberikan Poker VIPADUQ Setiap Hari Minggu :
* Minimal Depo 15.000
* Minimal WD 20.00
* Deposit dan Withdraw 24 jam Non stop ( Kecuali Bank offline / gangguan )
* Bonus rollingan 0.5%
* Bonus Refferal 10% + 10%,seumur hidup
* Bonus Jackpot, yang dapat anda dapatkan dengan mudah Seperi :
- POKER
- DOMINOQQ
- CAPSA SUSUN
- BANDAR POKER
- ADUQ
- BANDARQQ
- BANDAR66
- SAKONG
- NEW GAME **PERANG BACCARAT**
Ayo Daftar Sekarang juga dan Menangkan HADIAH nya Setiap Hari
Terima kasih !!!
Info Lebih lanjut bisa menghubungi kami melalui :
- Wa : +6287785609038
- SKYPE : VIPADUQ
- LINE : VIPADUQ
- WECHAT: VIPADUQ
* https://DAFTAR/
* https://kumpulanbandar.com
* https://pusatprediksitogel365.blogspot.com/
* http://elisacarista.over-blog.com/
Ayo Daftar Sekarang juga dan Menangkan HADIAH nya Setiap Hari
Terima kasih
Stadium4d - WEBSITE Slot Online Terpercaya
Untuk para pencinta judi..
Di Stadium4d memiliki banyak bonus menarik loh!!
!!! ADA PROMO DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN HINGGA 100% !!!
SPECIAL BONUS :
- BONUS NEW MEMBER GAME SLOT 100%
- BONUS NEW MEMBER 15%
- BONUS DEPOSIT 10%
- BONUS ROLLINGAN Slot 0.5%
- BONUS CASHBACK Slot 5%
- BONUS Rollingan Casino 0.8%
- Bonus CASHBACK TEMBAK IKAN 5%
- Bonus CASHBACK Sportbook 5%
- Referral Togel 1%
LINK DAFTAR => www.stadium4d.info
HUBUNGI KAMI => WHATSAPP :081316267372
LINK ALTERNATIF KAMI :
www.stadium4d.info
www.stadium4d.net
www.stadium4d.org
hello kakak, kunjungi web prediksi togel terjitu ,terpercaya dan ada beberapa BO togel rekomendasi dengan hadiah bayaran tertinggi saat ini
prediksi togel
prediksi sydneypools
prediksi hongkongpools
Ahlibet88
Ahlibet 88
Daftar Situs Ahlibet Ahlibet
Fanspage Ahlibet
Prediksi Togel Ahlibet
Selamat Datang di Museum Poker
Saat ini website Museum Poker adalah salah satu website yang menjadi Favorite bagi para pemain Indonesia saat ini. Tidak perlu diragukan lagi bahwa banyak pemain-pemain Judi Indonesia telah menang banyak setiap harinya.
Museum Poker Memiliki Banyak PROMO yang menarik, Seperti Bonus Win 7x – 9x Beruntun Sabung Ayam Online dan masih banyak lainnya.
Dan tidak hanya PROMO Saja, Tetapi Museum Poker memiliki banyak kelebihannya loh!
KELEBIHAN MUSEUM POKER ADALAH :
1.Deposit dan Withdraw Tercepat Kurang dari 2 Menit.
2.100% Pemain atau Player
3.Bermain dengan Fair Play
4.Pelayanan 24 Jam
5.Sistem Keamanan Terjamin
6.Tersedia Deposit E-Wallet dan Pulsa Telkomsel dan XL
Ayo buruan daftar,Jangan sampai kesempataanmu untuk menang terlewatkan!!
Hubungi Lebih Lanjut :
No WA : +6282267932581
bezatish furniture, menerima berbagai macam mebel jati asli Jepara mulai dari kursi tamu, meja makan,, dipan tempat tidur, lemari almari pakaian, bufet tv minimalis, rusbang, bale-bale, kursi teras, ayunan jati, almari jam, dan masih banyak lainya kunjungi https://www.bezatishfurniture.id - www.bezatishfurniture.id - bezatishfurniture.id - Bezatish furniture
Mau Duduk Santai , MAin Game Dapet Duit? Modal Sedikit bisa Menang Hingga Jutaan Rupiah?
Yuk Gabung di BOLAPELANGI!
Dan dapatkan bonus-bonus berupa :
- Bonus Cashback Sportbook Mingguan Hingga 15%
- Bonus Cashback Slot Mingguan Hingga 15%
- Bonus Refferal 2.5% Seumur Hidup
- Bonus Rollingan Refferal 0.1% ( Sportbook )
- Bonus Rollingan Casino 0.8%
Ayo Dicoba dan Buktikan Sendiri!
WHATSAPP : +6282143134681
Aplikasi VCS
Aplikasi vcs
Aplikasi vcs
Aplikasi vcs
Aplikasi vcs
Aplikasi vcs
Aplikasi vcs
Aplikasi vcs
cheapscarfcopy.com
cheapscarfcopy.com
cheapscarfcopy.com
cheapscarfcopy.com
cheapscarfcopy.com
cheapscarfcopy.com
cheapscarfcopy.com
cheapscarfcopy.com
cheapscarfcopy.com
cheapscarfcopy.com
cheapscarfcopy.com
Mau Duduk Santai , MAin Game Dapet Duit? Modal Sedikit bisa Menang Hingga Jutaan Rupiah?
Yuk Gabung di KUBET!
https://www.indokubet.com/
OYO99
Posting Komentar