2.1 Job Sheet
Alat :
Alat:
1.
Kunci Pas Ring Set
2. Obeng
min(-)
3. Obeng
Plus(+)
4. Kunci
L Bintang
Bahan
1
unit Honda Mega Pro.
Gambar
Alat
1.
Kunci Pas Ring Set
2. Obeng
Min(-) dan Plus (+)
3.
Kunci L Bintang
Gambar Bahan
Honda Mega Pro
2.2 Langkah Kerja
2.2.1
Pelepasan
Cakram
Untuk
melepas komponen rem cakram pada motor mega pro dengan baik perlu mengikuti
langkah kerja berikut:
1.
Lepaskan kaliper dari dudukan dengan kunci l bintang 8
2.
Longgarkan penbaut pen kaliper kunci pas 11 dan obeng Min (-)
3.
Lepas kampas rem (disk pad)
4.
Lepas baut master rem oli.
5.
Dorong piston kaliper masuk kedalam
2.2.2
Pemeriksaan
1. Rem berisik dan tidak pakem
Permasalah seperti ini sering muncul karena pak rem
habis, sehingga yang tersisa haya besi kampas yang begesekan dengan plat
pringan. Penangan maslah ini dilakukan dengan penggantian kampas rem.
2. Rem slong
Pada jenis ini lebih dikarenakan keadaan fluida pada
system rem bisa jadi masuk angin, minyak rem habis, minyak rem bocor, karet
master cakram bocor.
Pengangana untuk masuk angin pada selang hidrolik
dilakukan dengan membuka tutup master rem kemudian memompa tuas rem hingga
minya masuk dan gelembung udara keluar.
Penanganan untuk minyak yang habis adalah menambahkan
atau mengganti dengan miyak baru.Pada karet master yang rusak harus diganti
dengan karet baru.
3. Rem berat
Tidak jarang setelah melewati jalan berdebu atau
berlumpur remcakram jadi lebih berat hal ini karena pen lubang pen kaliper dan
are disekitar piston kaliper kotor. Pengananannya adalan dibersihkan kemudian
di minyaki bias gunakan minyak rantai agar lebih mudah aplikasinya.
2.2.3
Pemasangan
Cakram
Setelah melakukan
penggantian part atau perawatan lain. Maka cakram harus kembali dipasangan
denga prosedur berikut ini.
1.
Tekan piston kaliper kedalam dengan obeng min dan
masukan kampas rem bagian dalam posisi master rem masih terbuka, kemudian baru
kampas bagian luar.
2.
Rengangkan pen kaliper dan posisikan kedua kampas
dikanan kiri piringan.
3.
Pasang kaliper pada dudukan dan kencangkan dengan
kunci L 8 bintang.
4.
Kencangkan semua baut selang hidrolik dengan kunci pas
11
5.
Pastikan kondisi minyak cukup sesuai standar.
6.
Pompa tuas sampai terasa Kenya dan untum memastikan
tidak masuk angin.
7.
Pasang karet pada master rem.
8.
Tutup dan kencangkan baut penutup maste rem dengan
obeng Plus (+)
9.
Rem cakram siap di uji coba
2.3 Ujicoba
Sebelum menyerahkan kendaraan kepada
pemelikiperlu dilakukan uji coba oleh mekanik. Pada perbaikan cakram uji coba
yang dilakukan adalah sebagai berikut: tarik tuas rem dan dorong motor kedepan
jika rem cakram bekerja baik maka roda tidak berputar tetapi hanya memantul
saja shok depannya. Kemudian lakukan test
driving lakukan pengereman beberapa kali. Setelah lolos uji coba maka
kendaraan siap di kembalikan kepada pemilik