cari

GURU ISPIRATIF TOMBAK PENGEMBANGAN POTENSI SISWA



Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik,  mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar,dan pendidikan menengah (menurut  undang-undang nomor14 tahun 2015 tentang guru dan dosen) 
Sedangkan menurut KBBI guru adalah orang yang pekerjaanya / profesinya mengajar.dan menurut saya guru adalah orang yang paling berjasa dalam kehidupan karna tanpa guru kita tidak akan tau ilmu apapun.
Tidak  di pungkiri memang saat ini guru inspiratif amat sangat di cari karna guru inspiratif dapat menumbuhkan semangat belajar siswa,kapan seorang guru dapat di katakan guru yang inspiratif? Menurut buku aplikasi ilmu psikologi positif, Guru inspiratif adalah guru yang memberikan simulasi mental kepada muridnya dimana di harapkan dari simulasi mental kepada murid-muridnya dimana di harapkan dari simulasi mental yang di berikan kepada siswa akan memberi dampak yang lebih kuat terhadap pemahaman murid atau siswa,karena semakin banyaknya emosi positif yang di rasakan oleh siswa pada saat belajar maka penguasaan materi pembelajaran akan semakin baik. Guru inspirativ tidak hanya terpaku pada kurikulum,tetapi juga memiliki orientasi yang lebih luas dalam mengembangkan potensi  dan kemampuan para siswanya.bagaimana menurut kalian? Susahkah?mudahkah? hehe… susah atau  mudah menjadi guru yang inspiratif itu dari pengertian di atas? Itu tergantung dari masing-masing kita ya mau jadi guru yang inspiraif  atau tidak.
Menurut national board for professional teaching standard,dalam bons ada 11 kriteria standar guru inspiratif dan professional:
1.        Menguasai materi pelajaran dengan baik
2.        Mampu menggunakan dengan tepat kemampuan ,dalam mengajar dan belajar.
3.        Mampu memecahkan masalah yang berkaitan dengan inturksional pembelajran.
4.        Mampu melakukan improvisasi dalam mengajar.
5.        Mampu melakukan menejemen kelas dengan baik
6.        Memiliki kepekaan dalam menanggapi situasi selama pembelajaran berlangsung.
7.        Memiliki sensitivias terhadap konteks.
8.        Mampu memonitor pemmbelajaran.
9.        Mampu memfasilitasi murid agar lebih memahami kompleksitas.
10.    Respek terhadap orang lain.
11.    Mempunyai jiwa yang mendidik.

Membahas tentang  metode mengjar ,metode mengajar merupakan cara yang di gunakan guru dalam membelajarkan siswa agar terjadi interaksi dan proses belajar yang efektif dalam pembelajaran, metode mengajar yang inspiratif harus di lakukan secara benar agar siswa tidak merasa bosan dengan pembelajaran yang di lakukan oleh guru.
A.  Metode ceramah (lectre)
Metode ceramah merupakan satu cara penyajian bahan atau penyampaian bahan pelajaran secara lisan dari guru.dalam bentuk penyampaiannya,metode ceramah sangat sederhana dari mulai pemberian informasi,klarifikasi,ilustrasi dan menyimpulkan.certamah yang baik dan inspiratif adalah ceramah yang bervariasi artinya ceramah yang di lengtapi dengan pengugnaan alat dan media dan adanya tambahan dialog interaktif ata juga disksi sehingga proses belajar tidak menjenuhkan.
Persyaratan untuk mengopimalkan pembelajaran ceramah, ada beberapa kemampuan yang harus di perhaikan oleh guru untuk mendukung keberhasilan metode ceramah dalam pembelajaran yaitu: (a) menguasai teknik-teknik ceramah yang memungkinkan dapat membangkitkan minat dan motivasi siswa,(b) mampu memberikan ilustrasi yang sesuai  dengan  bahan pelajaran,(c) menguasai materi pembelajaran,(d)menjelaskan pokok-pokok bahan pelajaran secara sisetmatik.
Keunggulan,pengugnaan metode ini mempunyai keunguglan di antaranya,(A) ekonomis waktu dan biaya karna waktu dan materi pelajaran dapat di atur oleh guru secara langsung,(b)target jumlah siswa akan lebih banyak,(c)bahan pelajaran sudah di pilih dan di persiapkan akan lebih mdah untuk klasifikasi dan mengkaji aspek-aspek bahan pelajaran.

B.       Metode disksi
Metode ini sering di gunakan dalam pembelajaran kelompok atau kerja kelompok yang di dlamnya melibatkan beberapa orang siswa untuk menyelaisan pekerjaan tugas atau permasalahan.metode belajar disksi merupakan cara mengajar yang dalam pembahasan dan penyajian materinya melali satu problema atau pertanyaan yang harus di selesaikan berdasarkan pendapat atau keputsan bersama.
Persyaratan untuk mengoptimalkan pembelajaran diskusi
Kemampuan guru yang perlu di persiapkan dalam pembelajaran diskusi yaitu,(A) mampu merumuskan masalah sesuai dengan kurikulum yang berlaku,(b) mampu membimbing siswa untuk merumuskan dan mengidentifikasi permasalahan serta menarik kesimpulan dan pengembangan kemampuan siswa,(c) mampu mengelompokkan siswa sesuai dengan kebutuhan permsalahan dan pengembangan kemampuan siswa.
Keunggulan metode diskusi siswa dapat bertukar pikiran,menghayati permasalan,merangsang siswa untuk berpendapat,mengembangkan rasa tangung jawab,membina kemampuan berbicara,belajar memahami pendapat atau pikiran orang lain.

C.       Metode simulasi 
Metode simulasi merupakan salah satu metode mengajar yang dapat di gunakan dalam pembelajaran kelompok .dalam pembelajaran siswa akan di bina kemampuannya berkaitan dengan ketrampilan berinteraksi  dan berkomnikasi dalam kelompok.
Persyaratan untuk mengoptimalkan pembelajaran simulasi Kemampuan guru yang harus di perhatikan untuk menunjang metode simulasi di antaranya,(a) mampu membimbing siswa dalam mengarahkan teknik, prosedur, dan   peran yang akan di lakukan dalam simolasi,(b) mampu memberikan ilustrasi,(c) mampu  menguasai pesan yang di maksud dalam simulasi tersebut,(d) mampu mengamati  secara berproses simulasi yang di lakukan oleh siswa.
Keungulan metode simulasi diantaranya adalah,(a) siswa dapat melakukan interaksi  sosial dan komunikasi dalam kelompoknya,(b) aktifitas siswa cukup tinggi dalam pembelajaran sehingga terlibat langsung daalam pembelajaran,(c) dapat membiasakan  siswa untuk memahami permasalahan sosial.

D.       Metode demonstrasi ( praktik langsung ) 
Metode demonstrasi merupakan metode mengajar yang menyajikan bahan pelajaran    dengan mempertunjukkan secara lansung objek atau cara melakukan sesuatu sehinga dapat mempelajarinya secara berproses.
 Persyaratan untuk mengoptimalkan  pembelajaran demonstrasi kemampuan guru yang  perlu diperhatikan dalam menunjang keberhasilan demonstrasi,di antaranya adalah,(a) mampu secara proses dalam melaksanakan demonstrasi materi atau topik yang di praktikkan,(b) mampu mengelola kelas dan menguasai siswa secara menyeluruh,(c)mampu menggunkan alat bantu mengajar yang di perlukan,(d) mampu melaksanakan penilaian proses.
Keunggulan metode demonstrasi (a) siswa dapat memahami bahan pelajaran sesuai dengan objek yang sebenarnya,(b) dapat mengembangkan rasa ingin tau siswa,(c) dapat melakukan pekerjaan berdasarkan proses yang sistematis atau tersusun,(d) dapat mengetahui hubungan yang structural atau aturan objek,(e) dapat melakukan perbandingan dari beberpa objek.

E.       Metode eksperimen
Metode eksperimen merupakan metode mengajar yang dalam penyajian atau pembahasan materinya melalui percobaan atau mencobakan sesuatu serta mengamati secara proses. Eksperimen dapat di lakukan secara kelompok maupun individu di dalam laboratorium atau di kelas atau di luar kelas.
Presyarat untuk mengoptimalkan pembelajaran eksperimen, kemampuan guru yang harus di perhatikan agar eksperimen berhasil dengan baik, di antaranya adalah(a) mampu membimbing siswadari merumuskan hipotesis sampai pada pembuktian dan kesimpulan serta membuat laporan eksperimen,(b) menguasai konseo yang di eksperimenkan,(c) mampu mengelola kelas.
Keunggulan metode eksperimen (a) membangkitkan rasa ingen tahu siswa,(b) membangkitkan sikap ilmiah siswa,(c)membuat pembelajaran bersifat actual,(d) membina kebiasaan belajar kelompok maupun individu.

F.        Metode kaaryawisata(outdoor)
Pembeljaran outdoor hamper identik dengan pembelajaran karyawisata(vieltrip)artinya aktifitas belajar siswa dibawa keluar kelas.pembelajaran outdoor selain untuk peningkatan kemampuan juga lebih bersifat untuk peningkatan aspek-aspek psikologis siswa,seperti rasa senang dan rasa kebersamaan yang selanjutnya berdampak terhadap peningkatan perhatian dan motivasi belajar.
Prasyarat untuk mengoptimalkan metode karya wisata kemampuan guru yang harus di perhatikan agar karya wisata atau outdoor berhasil dengan baik di antaranya,(a) mampu mengidentifikasi objek karya wisata atau outdoor yang sesuai dengan tujuan pembelajaran,(b) mampu membuat perencanaan dan paduan siswa dalam melaksanakan karya wisata,(c) mampu mempersiapkan bahan dan alat yang akan di gunakakan dalam karya wisata,(d) mampu mengontrol,memfasilitasi dan membing aktifitas siswa selama melaksanakan kegiatan.
Keunggulan metode outdoor,(a) memberikan kesempatan kepada siswa untuk memperoleh pengalaman nyata,praktis,dan konkret,(b) dapat menumbuhkan rasa senang, minat, dan motivasi terhadap objek tertentu,(c) memberikan masukan terhadap program sekolah,(d) mendekatkan siswa dengan lingkungan.

G.      Metode pemecahan masalah
Pemecahan masalah  merupakan salah satu cara yang harus banyak di gunakan dalam pembelajaran karna metode pembelajaran karna metode pemecahan masalah merupakan metode mengajar yang banyak mengembangkan kemampuan berfikir tingkat tinggi.
Prasyarat untuk mengoptimalkan pembelajaran pemecahan masalah,kemampuan guru yang harus di perhatikan dalam pemecahan masalah berhasil dengan baik di antaranya adalah,(a) mampu membimbing siswa dari merumuskan hipotesis sampai pada pembuktian dan kesimpulan serta membuat laporan pemecahan masalah,(b) menguasai konsep yang di problem solving-kan,(c)mampu mengelola kelas dengan baik,(d)mampu menciptakan kondisi pembelajaran pemecahan masalah secara efektif.
Keunggulan metode pemecahan masalah,(a) mengembangkan kemampuan berpikir ilmiah,(b) mengembangkan kemampuan berpikir kritis,(c) mempelajari bahan pelajaran yang aktual dengan kebutuhan dan perkembangan masyarakat,(d) jika di laksanakan secara kelompok dapat mengembangkan kemampuan social siswa,(e) mengoptimalkan kemampuan siswa.

Dan inilah pola pengajaran guru yang inspiratif ,salah satu cara yang biasa di lakukan dalam membangkitkan semangat belajar adalah menjadikan proses pembelajaran dalam suasana belajar yang menyenangkan.di Indonesia pembelajaran semacam ini di sebut sebaiagai PAIKEM(pembelajaran yang aktif,inovatif,kreatif,efektif dan menyenangkan) maka jelas bahwa guru yang inspiratif ini, dan siswa sebagai pembelajar akan menjadi gembira karna di dalam dirinya memang ada keinginan mengerjakan atau mempelajari suatu materi pelajaran.
Ada 3 kompetensi yang harus di miliki guru inspiratif yaitu:
·                Kompettensi professional yaitu orang yang mempunyai keahliah khusus dalam bidang keguruan sehingga dia mampu melakukan tgas dan tanggng jawabnya dengan baik.
·                Kompetensi personal atau di sebut juga kompetensi kepribadian ,guru mempunyai pengaruh langsung dan kualintatif terhadap hidup dan kebiasaan-kebiasaan siswa terutama kebiasaan dalam belajar, para guru yang termasuk dalam kategori inspiratis,maka segala sesuatu yang dia lakukan sebagai cermin kepribadiannya akan menjadi panutan bagi siswanya.
·                Kompetensi social artinya guru harus memiliki kemampuan komunikasi social,baik dengan sesame guru, dengan kepala sekolah, pegawai tata usaha, dan dengan masyarakat di lingkungannya.
 Guru inspiratif juga tidak hanya mengandalkan kemampuan kreativitas mendidik. Tetapi mendidik yang kreatif,menarik menyenangkan,penuh motivasi dan membangkitkan semangat siswa untuk tumbuh dan berkembang pola pikirnya. Dan ada hal penting pula yang harus di miliki oleh guru agar menjadi guru yang inspiratif, yaitu spiritualitas. inilah beberapa aspek penting bernilai spiritual yang harus dimilki seorang guru. Pertama niat, niat menjadi titik pusat dari semua kegiatan tanpa niat menjadi guru yang kuat kita tidak akan bias menjadi guru yang inspiratif. Kedua doa. Dan yang ketiga ikhlas menjalankan tugasnya subagai guru.
Guru inspiratif akan meninggalkan pengaruh kuat dalam diri siswanya. Mereka akan terus di kenang , menimbulkan spirit dan energi perubahan yang besar dan menjadikan kehidupan para siswanya kan bergerak menuju kearah yang lebih baik.

KESIMPULAN
 Guru inspiratif adalah mereka yang memiliki orientasi jauh lebih luas mengembangkan potensi dan kemampuan siswanya karna pada dasarnya guru inspiratif menginginkan siswanya untuk lebih menggali potensi,mengajak siswanya kreativ,inovativ. Jadi kurikulum menghadirkan siswa siswa yang handal, maka guru ispiratif akan menghasilkan pemimpin baru yang berpotensi,kreativ,dan inovatif.
SARAN
Bagi pembaca apabila dalam penulisan artikel inimasih banyak kekurangan saya mohon maaf. Oleh karna itu, saya mengharapkan kritik dan saran dari pembaca agar artikel ini lebih baik.


Daftar Pustaka

Ainun Naim. (2009).Menjadi Guru Inspiratif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Abdullah Munir, (2010). Super Teacher. PT. Bintang Pustaka Abadi. Yogyakarta. 
Anitah Sri dkk,(2014).Strategi Pembelajaran Di SD- Edisi 1. Universitas Terbuka. Tangerang