Guru
adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai
dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan
formal, pendidikan dasar,dan pendidikan menengah (menurut undang-undang nomor14 tahun 2015 tentang guru
dan dosen)
Sedangkan
menurut KBBI guru adalah orang yang pekerjaanya / profesinya mengajar.dan menurut
saya guru adalah orang yang paling berjasa dalam kehidupan karna tanpa guru kita
tidak akan tau ilmu apapun.
Tidak
di pungkiri memang saat ini guru inspiratif
amat sangat di cari karna guru inspiratif dapat menumbuhkan semangat belajar
siswa,kapan seorang guru dapat di katakan guru yang inspiratif? Menurut buku
aplikasi ilmu psikologi positif, Guru inspiratif adalah guru yang memberikan
simulasi mental kepada muridnya dimana di harapkan dari simulasi mental kepada
murid-muridnya dimana di harapkan dari simulasi mental yang di berikan kepada
siswa akan memberi dampak yang lebih kuat terhadap pemahaman murid atau siswa,karena
semakin banyaknya emosi positif yang di rasakan oleh siswa pada saat belajar
maka penguasaan materi pembelajaran akan semakin baik. Guru inspirativ tidak
hanya terpaku pada kurikulum,tetapi juga memiliki orientasi yang lebih luas
dalam mengembangkan potensi dan kemampuan
para siswanya.bagaimana menurut kalian? Susahkah?mudahkah? hehe… susah atau mudah menjadi guru yang inspiratif itu dari
pengertian di atas? Itu tergantung dari masing-masing kita ya mau jadi guru
yang inspiraif atau tidak.
Menurut
national board for professional teaching standard,dalam bons ada 11 kriteria
standar guru inspiratif dan professional:
1.
Menguasai materi pelajaran dengan baik
2.
Mampu menggunakan dengan tepat kemampuan
,dalam mengajar dan belajar.
3.
Mampu memecahkan masalah yang berkaitan
dengan inturksional pembelajran.
4.
Mampu melakukan improvisasi dalam
mengajar.
5.
Mampu melakukan menejemen kelas dengan
baik
6.
Memiliki kepekaan dalam menanggapi situasi
selama pembelajaran berlangsung.
7.
Memiliki sensitivias terhadap konteks.
8.
Mampu memonitor pemmbelajaran.
9.
Mampu memfasilitasi murid agar lebih
memahami kompleksitas.
10. Respek
terhadap orang lain.
11. Mempunyai
jiwa yang mendidik.
Membahas
tentang metode mengjar ,metode mengajar
merupakan cara yang di gunakan guru dalam membelajarkan siswa agar terjadi
interaksi dan proses belajar yang efektif dalam pembelajaran, metode mengajar
yang inspiratif harus di lakukan secara benar agar siswa tidak merasa bosan
dengan pembelajaran yang di lakukan oleh guru.
A. Metode ceramah (lectre)
Metode ceramah merupakan satu cara
penyajian bahan atau penyampaian bahan pelajaran secara lisan dari guru.dalam
bentuk penyampaiannya,metode ceramah sangat sederhana dari mulai pemberian
informasi,klarifikasi,ilustrasi dan menyimpulkan.certamah yang baik dan
inspiratif adalah ceramah yang bervariasi artinya ceramah yang di lengtapi dengan
pengugnaan alat dan media dan adanya tambahan dialog interaktif ata juga disksi
sehingga proses belajar tidak menjenuhkan.
Persyaratan untuk mengopimalkan
pembelajaran ceramah, ada beberapa kemampuan yang harus di perhaikan oleh guru
untuk mendukung keberhasilan metode ceramah dalam pembelajaran yaitu: (a)
menguasai teknik-teknik ceramah yang memungkinkan dapat membangkitkan minat dan
motivasi siswa,(b) mampu memberikan ilustrasi yang sesuai dengan
bahan pelajaran,(c) menguasai materi pembelajaran,(d)menjelaskan
pokok-pokok bahan pelajaran secara sisetmatik.
Keunggulan,pengugnaan metode ini
mempunyai keunguglan di antaranya,(A) ekonomis waktu dan biaya karna waktu dan
materi pelajaran dapat di atur oleh guru secara langsung,(b)target jumlah siswa
akan lebih banyak,(c)bahan pelajaran sudah di pilih dan di persiapkan akan
lebih mdah untuk klasifikasi dan mengkaji aspek-aspek bahan pelajaran.
B.
Metode
disksi
Metode ini sering di gunakan dalam
pembelajaran kelompok atau kerja kelompok yang di dlamnya melibatkan beberapa
orang siswa untuk menyelaisan pekerjaan tugas atau permasalahan.metode belajar
disksi merupakan cara mengajar yang dalam pembahasan dan penyajian materinya
melali satu problema atau pertanyaan yang harus di selesaikan berdasarkan
pendapat atau keputsan bersama.
Persyaratan untuk mengoptimalkan
pembelajaran diskusi
Kemampuan guru yang perlu di
persiapkan dalam pembelajaran diskusi yaitu,(A) mampu merumuskan masalah sesuai
dengan kurikulum yang berlaku,(b) mampu membimbing siswa untuk merumuskan dan
mengidentifikasi permasalahan serta menarik kesimpulan dan pengembangan kemampuan
siswa,(c) mampu mengelompokkan siswa sesuai dengan kebutuhan permsalahan dan
pengembangan kemampuan siswa.
Keunggulan metode diskusi siswa
dapat bertukar pikiran,menghayati permasalan,merangsang siswa untuk
berpendapat,mengembangkan rasa tangung jawab,membina kemampuan berbicara,belajar
memahami pendapat atau pikiran orang lain.
C.
Metode
simulasi
Metode simulasi
merupakan salah satu metode mengajar yang dapat di gunakan dalam pembelajaran
kelompok .dalam pembelajaran siswa akan di bina kemampuannya berkaitan dengan
ketrampilan berinteraksi dan
berkomnikasi dalam kelompok.
Persyaratan untuk mengoptimalkan
pembelajaran simulasi Kemampuan guru yang harus di perhatikan untuk menunjang
metode simulasi di antaranya,(a) mampu membimbing siswa dalam mengarahkan
teknik, prosedur, dan peran yang akan
di lakukan dalam simolasi,(b) mampu memberikan ilustrasi,(c) mampu menguasai pesan yang di maksud dalam simulasi
tersebut,(d) mampu mengamati secara
berproses simulasi yang di lakukan oleh siswa.
Keungulan metode simulasi diantaranya
adalah,(a) siswa dapat melakukan interaksi
sosial dan komunikasi dalam kelompoknya,(b) aktifitas siswa cukup tinggi
dalam pembelajaran sehingga terlibat langsung daalam pembelajaran,(c) dapat
membiasakan siswa untuk memahami
permasalahan sosial.
D.
Metode
demonstrasi ( praktik langsung )
Metode demonstrasi merupakan metode mengajar yang
menyajikan bahan pelajaran dengan
mempertunjukkan secara lansung objek atau cara melakukan sesuatu sehinga dapat mempelajarinya
secara berproses.
Persyaratan untuk mengoptimalkan pembelajaran demonstrasi kemampuan guru
yang perlu diperhatikan dalam menunjang
keberhasilan demonstrasi,di antaranya adalah,(a) mampu secara proses dalam
melaksanakan demonstrasi materi atau topik yang di praktikkan,(b) mampu
mengelola kelas dan menguasai siswa secara menyeluruh,(c)mampu menggunkan alat
bantu mengajar yang di perlukan,(d) mampu melaksanakan penilaian proses.
Keunggulan metode demonstrasi (a)
siswa dapat memahami bahan pelajaran sesuai dengan objek yang sebenarnya,(b)
dapat mengembangkan rasa ingin tau siswa,(c) dapat melakukan pekerjaan
berdasarkan proses yang sistematis atau tersusun,(d) dapat mengetahui hubungan
yang structural atau aturan objek,(e) dapat melakukan perbandingan dari beberpa
objek.
E.
Metode
eksperimen
Metode eksperimen merupakan metode
mengajar yang dalam penyajian atau pembahasan materinya melalui percobaan atau
mencobakan sesuatu serta mengamati secara proses. Eksperimen dapat di lakukan
secara kelompok maupun individu di dalam laboratorium atau di kelas atau di
luar kelas.
Presyarat untuk mengoptimalkan
pembelajaran eksperimen, kemampuan guru yang harus di perhatikan agar
eksperimen berhasil dengan baik, di antaranya adalah(a) mampu membimbing
siswadari merumuskan hipotesis sampai pada pembuktian dan kesimpulan serta
membuat laporan eksperimen,(b) menguasai konseo yang di eksperimenkan,(c) mampu
mengelola kelas.
Keunggulan metode eksperimen (a)
membangkitkan rasa ingen tahu siswa,(b) membangkitkan sikap ilmiah
siswa,(c)membuat pembelajaran bersifat actual,(d) membina kebiasaan belajar
kelompok maupun individu.
F.
Metode
kaaryawisata(outdoor)
Pembeljaran outdoor hamper identik
dengan pembelajaran karyawisata(vieltrip)artinya aktifitas belajar siswa dibawa
keluar kelas.pembelajaran outdoor selain untuk peningkatan kemampuan juga lebih
bersifat untuk peningkatan aspek-aspek psikologis siswa,seperti rasa senang dan
rasa kebersamaan yang selanjutnya berdampak terhadap peningkatan perhatian dan
motivasi belajar.
Prasyarat untuk mengoptimalkan
metode karya wisata kemampuan guru yang harus di perhatikan agar karya wisata
atau outdoor berhasil dengan baik di antaranya,(a) mampu mengidentifikasi objek
karya wisata atau outdoor yang sesuai dengan tujuan pembelajaran,(b) mampu
membuat perencanaan dan paduan siswa dalam melaksanakan karya wisata,(c) mampu
mempersiapkan bahan dan alat yang akan di gunakakan dalam karya wisata,(d)
mampu mengontrol,memfasilitasi dan membing aktifitas siswa selama melaksanakan
kegiatan.
Keunggulan metode outdoor,(a)
memberikan kesempatan kepada siswa untuk memperoleh pengalaman
nyata,praktis,dan konkret,(b) dapat menumbuhkan rasa senang, minat, dan
motivasi terhadap objek tertentu,(c) memberikan masukan terhadap program sekolah,(d)
mendekatkan siswa dengan lingkungan.
G.
Metode
pemecahan masalah
Pemecahan masalah merupakan salah satu cara yang harus banyak
di gunakan dalam pembelajaran karna metode pembelajaran karna metode pemecahan
masalah merupakan metode mengajar yang banyak mengembangkan kemampuan berfikir
tingkat tinggi.
Prasyarat untuk mengoptimalkan
pembelajaran pemecahan masalah,kemampuan guru yang harus di perhatikan dalam
pemecahan masalah berhasil dengan baik di antaranya adalah,(a) mampu membimbing
siswa dari merumuskan hipotesis sampai pada pembuktian dan kesimpulan serta
membuat laporan pemecahan masalah,(b) menguasai konsep yang di problem
solving-kan,(c)mampu mengelola kelas dengan baik,(d)mampu menciptakan kondisi
pembelajaran pemecahan masalah secara efektif.
Keunggulan metode pemecahan
masalah,(a) mengembangkan kemampuan berpikir ilmiah,(b) mengembangkan kemampuan
berpikir kritis,(c) mempelajari bahan pelajaran yang aktual dengan kebutuhan
dan perkembangan masyarakat,(d) jika di laksanakan secara kelompok dapat
mengembangkan kemampuan social siswa,(e) mengoptimalkan kemampuan siswa.
Dan
inilah pola pengajaran guru yang inspiratif ,salah satu cara yang biasa di
lakukan dalam membangkitkan semangat belajar adalah menjadikan proses
pembelajaran dalam suasana belajar yang menyenangkan.di Indonesia pembelajaran
semacam ini di sebut sebaiagai PAIKEM(pembelajaran yang
aktif,inovatif,kreatif,efektif dan menyenangkan) maka jelas bahwa guru yang
inspiratif ini, dan siswa sebagai pembelajar akan menjadi gembira karna di
dalam dirinya memang ada keinginan mengerjakan atau mempelajari suatu materi
pelajaran.
Ada
3 kompetensi yang harus di miliki guru inspiratif yaitu:
·
Kompettensi professional yaitu orang
yang mempunyai keahliah khusus dalam bidang keguruan sehingga dia mampu
melakukan tgas dan tanggng jawabnya dengan baik.
·
Kompetensi personal atau di sebut juga
kompetensi kepribadian ,guru mempunyai pengaruh langsung dan kualintatif
terhadap hidup dan kebiasaan-kebiasaan siswa terutama kebiasaan dalam belajar,
para guru yang termasuk dalam kategori inspiratis,maka segala sesuatu yang dia
lakukan sebagai cermin kepribadiannya akan menjadi panutan bagi siswanya.
·
Kompetensi social artinya guru harus
memiliki kemampuan komunikasi social,baik dengan sesame guru, dengan kepala sekolah,
pegawai tata usaha, dan dengan masyarakat di lingkungannya.
Guru inspiratif juga tidak hanya mengandalkan
kemampuan kreativitas mendidik. Tetapi mendidik yang kreatif,menarik
menyenangkan,penuh motivasi dan membangkitkan semangat siswa untuk tumbuh dan
berkembang pola pikirnya. Dan ada hal penting pula yang harus di miliki oleh
guru agar menjadi guru yang inspiratif, yaitu spiritualitas. inilah beberapa
aspek penting bernilai spiritual yang harus dimilki seorang guru. Pertama niat,
niat menjadi titik pusat dari semua kegiatan tanpa niat menjadi guru yang kuat
kita tidak akan bias menjadi guru yang inspiratif. Kedua doa. Dan yang ketiga
ikhlas menjalankan tugasnya subagai guru.
Guru
inspiratif akan meninggalkan pengaruh kuat dalam diri siswanya. Mereka akan
terus di kenang , menimbulkan spirit dan energi perubahan yang besar dan
menjadikan kehidupan para siswanya kan bergerak menuju kearah yang lebih baik.
KESIMPULAN
Guru inspiratif adalah mereka yang memiliki
orientasi jauh lebih luas mengembangkan potensi dan kemampuan siswanya karna
pada dasarnya guru inspiratif menginginkan siswanya untuk lebih menggali
potensi,mengajak siswanya kreativ,inovativ. Jadi kurikulum menghadirkan siswa
siswa yang handal, maka guru ispiratif akan menghasilkan pemimpin baru yang
berpotensi,kreativ,dan inovatif.
SARAN
Bagi
pembaca apabila dalam penulisan artikel inimasih banyak kekurangan saya mohon
maaf. Oleh karna itu, saya mengharapkan kritik dan saran dari pembaca agar
artikel ini lebih baik.
Daftar Pustaka
Ainun Naim. (2009).Menjadi Guru
Inspiratif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Abdullah Munir, (2010). Super Teacher. PT. Bintang
Pustaka Abadi. Yogyakarta.
Anitah
Sri dkk,(2014).Strategi Pembelajaran Di SD- Edisi 1. Universitas Terbuka.
Tangerang