BAB
III
URAIAN
PENGGANTIAN KLEP HONDA MEGA PRO (GL 160)
3.1 Uraian Teori
A.
Job
Sheet dan Bahan
Klep atau dalam bahasa inggrisnya bernama Valve biasa di sebut juga katup berfungsi
mengatur masuknya gas baru dan keluarnya gas buang sisa pembakaran pada mesin
motor. Tugas dari klep sendiri sangat berat dan vital, karena
apabila ada kebocoran/ganguan sedikit saja pada klep akan mengakibatkan tenaga
mesin menjadi menurun.
Alat yang di gunakan :
Alat yang di gunakan :
1. Obeng (-) besar
2. Kunci T 17 (untuk motor Supra X 125/Kharisma)
3. Ring 11
4. Ring 10
5. Ring 24 (untuk motor tipe bebek)
6. Fuller gauge 1set
7. Valve Adjusting wrech (kunci klep)
8. Kunci ring 12
9. Palu
10. Klahar bekas
Bahan 1 unit motor HONDA SUPRA 125
Gambar alat dan bahan



Kunci ring obeng min (-) obeng min (-) kecil



Obeng (+) Kunci
shock set Tang spi (snap ring)



Kunci T Klahar
bekas Palu

Motor HONDA MEGA PRO (GL160)
B.
Langkah
Pembukaan
Langkah awal, posisikan motor di tempat
yang lapang, sambil persiapkan beberapa kunci peralatan yang akan dipergunakan. Sebaiknya mengetap oli mesin dengan
membuka tutup oli bagian bawah dengan kunci ring 17 kemudian ikuti langkah
berikut:
1. Lepaskan kenalpot (exhaust)
dengan kunci 10, dan 17
2. Lepas karburator dengan kunci 10
3. Lepas mesin dari body motor kunci 12 shock dan ring
4. Lepas baut top head dengan kunci ring 12
5. Buka tutup noken as dengan kunci 10
6. Lepas rantai
kamrat (timing chain)
7. Lepas lepas top head dengan menariknya dengan tangan
8. Lepas perangkat noken as dengan kunci 12
9. Lepas pin dan pegas klep dengan klahar bekas dan palu
bungkus dengan kain. Letakan lain diatas klahar sebelum dipukul agar pin tidak
terpental terdorong pegas klep.
C.
Analisa
Komponen Katup
Ø Katup hisap (intake Valve)
Berfungsi mengalirkan
bahan bakar masuk kedalam ruang bakar.
Ø Katup Buang (exhaust valve)
Berfungsi mengalirkan
gas sisa pembakaran keluar.
Ø Pegas (spring valve)
Memberikan daya pegas
dalam pergerakan naik turunnya Katup
Ø Valve
spring retainer
Berfungsi Meneruskan
daya dari pegas ke batang katup
Ø Kancing katup
Berfungsi mengunci tuas
katup pada pegas
Ø Tappet Ajuster
Berfungsi menekan
batang katup saat menghisap bahan bakar atau saat membuang sisa pembakaran
1.
Pegas

2.
Ring katup (valve spring retainer)

3.
Kancing katup



Gambar.3
katup gambar.4
Tappet Adjuster
D.
Permasalahan
Penggatian klep pada kendaraaan bermotor, disebabkan
oleh beberapa permasalahan sebagai berikut:
Ø Klep aus sehingga tidak ada kompresi
Ø Klep Patah atau bengkok karena bertumbukan dengan silinder
E.
Perbaikan dan pemasangan
1. Skir
Katup/Klep
Setelah
berhasil melepas klep dan menemukan permasalahannya hanya perlu di skir ulang
atau harus diganti, pasang klep yang baru gunakan dan lakukan langkah untuk
melakukan skir pada klep agar rapat dan tidak ada kebocoran kompresi, siapkan
dynamo dan selang sebagai penghubung dynamo dan klep, serbuk gerinda (coarse) baik kasar maupun halus dan kain
untuk mengelap. Sekarang ikuti langkah berikut:
Ø Masuk kan klep baru,beri serbuk kasar pada bagian
belakang klep yang menempel di dudukan klep
Ø hubungkan klep dengan selang ke dynamo
Ø hidupkan dynamo, beri sedikit tarikan pada klep
Ø jika sudah cukup ganti dengan coarse yang halus agar
mendapat hasil yang lebih baik
Ø uji kerapatan dengan memasukan bensin di bagian
cekungan silinder, jika sudah mendapat hasil maksimal.
Ø Lakukan juga dengan klep yang satunya lagi laknukan
semaksimal mungkin sebelum dipasang kembali
2. Pemasangan
mesin
1. pasang pin dan pegas klep dengan menekannya.
2. Pasang perangkat noken as dengan kunci 12
3. Pasang top head
dengan tangan
4. Pasang rantai
kamrat (timing chain)
5. Pasang tutup noken as dengan kunci 10
6. Pasang baut top
head dengan kunci ring 12
7. Pasang kembali mesin kebodi kendaraan dengan kunci 12
8. Pasang karburator dengan kunci 10
9. Pasang tuas knalpot
dengan kunci ring 10 dan 17
10. Pasang kabel
busi.
F.
Penyetelan
Katup
Ø
Awalnya posisikan
agar kondisi valve bebas atau posisi piston pada Titik Mati Atas (TMA), dengan
cara buka tutup magnet pada blok mesin kiri dengan menggunakan Obeng (-) besar
(ada 2 buah ), pergunakan kunci Ring 17 untuk memutar poros engkol berlawanan
dengan jarum jam.
Ø
Sambil memutar
poros engkol, perhatikan pada saat valve In bergerak, lihat pada lubang kecil
di blok magnet, posisikan tanda T pada garis lurus di lubang kecil blok magnet.
Ø
Kemudian pegang dan
gerak-gerakkan kedua klep untuk memastikan keduanya sudah dalam posisi bebas.
Ø kendorkan mur pengikat tappet adjuster (baut stelan klep) dengan
menggunakan Ring 10-11 mm
Ø Lalu letakkan Fuller gauge dengan ukuran celah klep in = 0,1mm out=0,1mm
Ø
klep kedalam ujung batang klep, putar tappet
adjuster(baut stelan klep) sampai terasa apabila fuller gauge di tarik terasa
seret dan apabila didorong tidak bisa.
Ø Pasang kembali baut penutup katup.
G.
Kesimpulan
hasil Yang dicapai
Setelah katup mendapat perbaikan disetel
dengan baik maka mendapakan hasil
kompresi
kembali tinggi serta tenaga yang dihasilkan maksimal, stasioner lebih rendah konsumsi
bahan bakar lebih irit, putaran
mesin stabil, dan akselerasi ringan, sehingga
kendaraan nyaman dikendarai.