cari

Pengaruh Handphone Terhadap Pola Perilaku Remaja

BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Dewasa ini handphone atau telephone genggam merupakan alat komunikasi yang paling banyak digunakan. Karena mudah di bawa serta mudah digunakan. Di dalam handphone terdapat fasilitas menelphone (memanggil seseorang dari jarak jauh), mengirim serta menerima pesan pendek (Short Massage Service : SMS), menyimpan dan mendengarkan musik (MP3), kamera, internet, bahkan tahun 2013 ini perusahaan handphone seperti nokia, Samsung, LG serta merk lain telah memberikan layanan wifi yang memudahkan orang untuk mengakses internet di area hotspot. Handphone atau telephone genggam sekarang bukanlah sebuah barang mewah lagi, handphone sekarang banyak di gunakan di kalangan dewasa untuk mempermudah bisnis, bahkan sekarang remaja serta anak-anak sebagian besar menggunakan handphone hanya sekedar untuk SMS-an, Internet-an, chattingan, facebookan, twitteran, atau bahkan hanya untuk telphone-telphonan dengan pacar. Mereka menganggap handphone adalah sebuah alat yang sangat penting, ada pula pepatah sekarang yang mengatakan “tiada hari tanpa handphone”. handphone dapat membentuk kepribadian baru seorang remaja, karena lewat handphone, seseorang bisa mengakses hal-hal positif maupun negatif, sehingga dapat mempengaruhi pola perilaku serta kepribadian remaja.
Berdasarkan uraian tersebut penulis ingin membahas Pengaruh Handphone Terhadap Pola Perilaku Remaja Dalam Segala Aspek.



1.2  Rumusan Masalah
a.       Apa pengaruh handphone terhadap prestasi siswa?
b.      Bagaimana hubungan antara pengaruh handphone dengan kepribadian siswa?
c.       Apa dampakpositif dan negatif menggunakan handphone?
d.      Bagaimana cara menghindari pengaruh handphone?

1.3  Tujuan Penelitian
a.       Mengetahui pengaruh handphone terhadap prestasi siswa.
b.      Mengetahui pengaruh handphone terhadap kepribadian siswa.
c.       Mengetahui dampak positif serta dampak negatif menggunakan handhone.
d.      Mengetahui bagaimana cara menghindari pengareuh handphone.

1.4   Manfaat Penelitian
a.       Bagi pelajar atau remaja dapat merasakan pengaruh handphone terhadap prestasi mereka.
b.      Para remaja bisa membatasi penggunaan handphone untuk keperluan yang penting.
c.       Bagi orang tua bisa mengawasi anak dalam penggunaan handphone.
d.      Bagi pihak sekolah diharapkan bisa mengawasi siswanya yang menggunakan atau membawa handphone di sekolah.




1.5  Metode Penelitian
Dalam melakukan penelitian penulis mempergunakan metode kepustakaan atau literatur. Yaitu metode penelitian dengan cara mengumpulkan data yang bersumber dari media buku, Koran, artikel dan situs atau web internet.


















BAB II
LANDASAN TEORI

2.1     Definisi Handphone
Handphone atau Telephone genggam adalah sebuah perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar sma dengan telephone fixedline sehingga konvesional, namun dapat dibawa kemana-mana (portable) dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telephone menggunakan kabel (nirkabel, wireless). Selain berfungsi untuk melakukan dan menerima panggilan, handphone umumnya juga mempunyai fungsi penerimaan dan pengiriman pesan singkat (Short Messsage Service- SMS). Adapula penyedia jasa telephone genggam yang menyediakan layanan generasi ke-3 (3G), dengan menambahkan jasa videophone, sebagai alat pembayaran, maupun untuk televise online di telephone genggam mereka. Sekarang telephone genggam atau handphone menjadi adget multifungsi, mengikuti perkembangan teknologi digital, kini ponsel juga dilengkapi dengan berbagai pilihan fitur, seperti bisa menangkap siaran radio dan televisi, perangkat lunak pemutar audio (MP3) dan video, kamera digital, game, layanan internet (WAP, GPRS, 3G), selain fitur-fitur tersebut, ponsel sekarang sudah ditanamkan fitur komputer. Jadi di posel tersebut, orang bisa mengubah fungsi ponsel tersebut menjadi mini computer. Di dunia bisnis, fitur ini sangat membantu bagi para pebisnis untuk melakukan semua pekerjaan di satu tempat dan membuat pekerjaan tersebut diselesaikan dalam waktu singkat. Selain dunia bisnis, di segala bidang dan lapisan masyarakat pastinya handphone juga sangat bermanfaat, seperti telah diulas di bagian terdahulunya.

2.2   Definisi Remaja
Remaja dalam pengetian umum diartikan sebagai masa baligh atau keterbukaan terhadap lawan jenis. Dalam pengertian lain remaja adalah saat-saat seseorang mulai dewasa, yaitu sudah sampai umur, dan mulai muncul rasa cinta birahi (Poerwadarminto, 1984:813). Batasan remaja yaitu masa peralihan yang ditempuh oleh seseorang dari anak-anak menjadi dewasa, dengan arti lain sebuah situasi yang menjembatani menuju ke tingkat dewasa. Masa remaja ini berlangsung kira-kira 13 tahun sampai 16 tahun atau 17 tahun, sedangkan akhir masa remaja adalah usia 16 tahun sampai 18 tahun (Drajat, 1989:75). Remaja bisa pula diartikan masa perantara dari masa anak-anak menjadi masa dewasa, yang bersifat kompleks, menyita banyak perhatian dari remaja itu sendiri denagan orang lain, dan masa penyesuaian diri terdidik. Selain itu masa ini juga diartikan sebagai masa konflik, terutama konflik remaja dengan dirinya sendiri, dan denagan remaja yang lain. Sehingga membutuhkan penanganan yang khusus yang menuntut tanggung jawab (Suardi, 1986:98).

2.3  Definisi Pola Perilaku
Perilaku yaitu suatu fungsi dari interaksi antara seseorang individu dengan lingkungannya baik yang diamati secara langsung ataupun yang diamati tidak langsung. Pada umumnya perilaku manusia berbeda karena dipengaruhi oleh kemampuan yang tidak sama. Pada dasrnya kemampuan ini amat penting diketahui untuk memahami mengapa seseorang berbuat dan berperilaku berbeda dengan yang lain, jadi dengan kata lain perilaku adalah apa yang dikerjakan oleh organism yang bersangkutan (Thoha, 1979). Dalam pengertian lain perilaku ang menerima atau mengadopsi perilaku baru dalam tiga tahap, yaitu :pengetahuan, sikap, praktek atau tindakan (Notoadmojo, 2003)

2.4  Perkembangan Handphone
Handphone pertama kali diperkenalkan pada tanggal 3 April 1973 oleh Martin Cooper, General Manager Difisi Sistem Komunikasi Motorola. Handphone ini memiliki berat 1 kg dengan ukuran tinggi 35 cm. Sebagai teknologi baru, handphone tersebut tidak langsung dijual di masyarakat perlu waktu 10 tahun sampai tersedia layanan komersial telephone bergerak, tepatnya pada tahun 1983, ketika Motorola memperkenalkan DynoTAC 8000x, inilah handphone pertama yang mendapat izin dari federal communication commission (FCC) dan bisa dipergunakan untuk tujuan komersial.

2.5  Peranan Handphone Bagi Remaja
Kemajuan teknologi ini menyebabkan perubahan yang begitu besar pada kehidupan umat manusia dengan segala peradapan dan kebudayaannya, terutama terhadap remaja. Perubahan ini juga memberikan dampak yang begitu besar terhadap nilai-nilai yang ada di masyarakat khususnya masyarakat dengan adat ketimuran seperti Indonesia. Saat ini di Indonesia dapat kita saksikan begitu besar pengaruh kemajuan teknologi terhadap nilai-nilai kebudayaan yang di anut masyarakat, baik masyarakat perkotaan maupun perdesaan (modernisasi), kemajuan teknologi teknologi seperti televisi, telephone dan telephone genggam (HP). Bahkan internet bukan hanya melanda masyarakat kota namun juga telah dinikmati oleh masyarakat desa. Akibatnya, segala informasi dapat dengan muddah diakses oleh remaja. Sesungguhnya handphone sangat penting bagi remaja, karena dengan handphone tersebut para remaja bisa dengan mudah dan lancar berkomunikasi tetapi handphone bisa menjadi barang yang berbahaya, jika salah di gunakan.
BAB III
PEMBAHASAN

3.1 Dampak Positif dan Negatif
Secara keseluruhan hasil penelitian pengaruh handphone terhadap pola perilaku remaja dalam segala aspek di awali dengan hasil observasi dan angket dari para responden. Kemudian data yang diperoleh dianalisis datanya agar mendapatkan hasil penelitian yang kualitatif dari penelitian terhadap pengaruh handphone terhadap pola perilaku remaja. Hasil penelitian dan kulaitatif dari observasi dan angket diuraikan sebagai berikut
3.1.1  Dampak Positif Handphone
Perkembangan handphone ini tidak berhenti sampai di sini bahkan di seluruh dunia sudah menggunakan berbagai macam merek handphone. Di Indonesia kebanyakan menggunakan handphone termasuk para remaja. Dari manfaat handphone, handphone digunakan sebagai:
1.    Handphone digunakan untuk komunikasi jarak jauh
2.    Handphone sebagai alat untuk mencari informasi
3.    Bagi para remaja handphone sebagai layanan hiburan seperti sms, game, kamera, dll
4.    Sebagai alat untuk menjelajahi dunia dengan internet
5.    Dengan handphone remaja mempunyai banyak teman
3.1.2   Dampak Negatif Handphone
   Selain mempunyai dampak positif, Handphone juga memiliki dampak negatif, dari hasil penelitian dampak negative handphone yang paling banyak yaitu:
1.    Remaja khususnya para pelajar menjadi malas belajar jika sering mengoperasikan handphone sehingga prestasinya menjadi turun
2.    Remaja akan menjadi sosok yang kurang bersosialisi secara langsung karena serba berkomunikasi menggunakan handphone
3.    Selain dapat memberikan informasi positif yang luas, handphone juga memberikan banyak dampak negative seperti situs porno dll.

3.2  Pengaruh Handphone terhadap Kepribadian Remaja
Saat ini dapat kita lihat betapa kemajuan teknologi telah mempengaruhi gaya hidup dan pola pikir masyarakat, terutama di kalangan remaja. Saya lebih menekankan dampak teknologi pada kehidupan remaja dengan alasan merekalah yang lebih dekat dan lebih banyak berinteraksi dengan teknologi seperti televisi, HP, ataupun internet. Dan juga secara pengaruh, merekalah yang paling rentan terkena pengaruh atau dampak negatif dari teknologi tersebut. Kalau dulu kita lihat para siswa bersekolah dengan hanya membawa buku-buku pelajaran ataupun alat tulis, kini dapat kita saksikan para siswa berangkat sekolah dengan HP sebagai bawaan wajib mereka. Entah sebetulnya mereka benar-benar membutuhkan HP tersebut sebagai alat komunikasi atau tidak, yang jelas bagi remaja sekarang, HP merupakan sarana gaul yang mutlak mereka miliki. Semakin bagus HP yang mereka punya, semakin merasa gaul dan percaya dirilah mereka (walaupun mungkin mereka tidak tahu bagaimana cara menggunakan fitur-fitur canggih yang mereka punya di HP mereka).




3.3  Pengaruh Handphone terhadap Prestasi Belajar
Handphone sangat berpengaruh sekali terhadap prestasi belajar siswa, kebanyakan siswa yang mempunyai hp waktu luangnya banyak tersita untuk smsan atau teleponan (bukan untuk belajar) bahkan ada sebagian siswa yang menggunakan alat komunikasi tersebut untuk saling berkomunikasi ketika saat ulangan. Jadi hp sangat berpengaruh sekali terhadap prestasi siswa. Bahkan siswa yang tadinya tidak mengenal handphone tapi prestasinya baik, namun ketika orangtuanya membelikannya handphone prestasi belajarnya menjadi menurun dikarenakan siswa tersebut terganggu konsentrasinya oleh kehadiran handphone (sibuk dengan handphonenya). Namun, ada juga yang prestasinya tidak terpengaruhi HP, karena dia hanya menggunakkan hp untuk keperluan komunikasi saja.
Tetapi secara umum, ketika berbicara mengenai pengaruh handphone kepada prestasi siswa, ada dua sisi, yaitu sisi positif dan sisi negative. Positifnya adalah siswa tidak gaptek, siswa dapat mengikuti perkembangan era teknologisasi dunia dan siswa dapat lebih produktif, efektif dan efisien dalam waktu, energi dan biaya karena ada sarana komunikasi yang memudahkan urusannya. Namun, negatifnya adalah, oleh karena teknologi yang memiliki akses mudah ke banyak tempat, sebagian siswa akan memanfaatkannya untuk hal-hal yang negative (pornografi, plagiat/nyontek dll). Sebenarnya pengaruh HP terhadap prestasi siswa ialah tergantung dari siswa tersebut, apabila dia menggunakannya hanya untuk komunikasi saja maka prestasinya tidak akan terpengaruhi HP. Tapi apabila dia menggunakan handphone dengan berlebihan maka prestasinya akan terpengaruhi HP.


Akhirnya, peran moral dalam kehidupan sangat penting ketika nilai-nilai moral telah tertanam dengan baik di kalangan siswa, maka penggunaan handphone justru menjadi sangat positif. Dalam arti kamulah yang harus mengendalikan handphone, jangan handphone yang mengendalikanmu.

3.4 Cara Menghindari Pengaruh HP
Mengerjakan HP untuk keperluan yang terpenting itu hal yang paling mudah karena HP merupakan bagian terindah dan penting dalam kehidupan remaja dan untuk menghindari pengaruh HP yaitu dengan cara :
1.    gunakan HP seperlunya
2.    lebih banyak melakukan sosialisasi dengan keluarga, teman serta tetangga
3.    memaksimalkan waktu bersama dengan teman-teman anda agar penggunaan HP dapat diminimalkan
4.    jika mempunyai masalah segera diselesaikan dengan kepala dingin. Jika tidak mampu menyelesaikan minta bantuan orang yang anda percaya.

 3.5 Fungsi Pemakaian HP
HP memiliki fungsi beraneka ragam yang berhubungan erat dengan remaja. Sedangkan untuk apa dan bagaimana HP digunakan tergantung dari orang yang menggunakan HP akan hasil yang diinginkan. Bagi orang yang menggunakan HP mengharapkan tambahan apapun dari kegunaan HP tersebut karena biasanya yang mengatur adalah para remaja itu sendiri.
HP pada umumnya adalah sebagai alat komunikasi antara sesama manusia dan melancarkan perhubungan dengan orang lain. HP itu telah menyerap dan menyaring getaran suara manusia serta terlihatnya gambar yang ada di dalamnya. Di samping itu juga, telah menyimpan beberapa hal penting seperti nomor telepon seseorang, SMS dll. Sehingga HP itu telah dibutuhkan untuk perhubungan dengan orang lain dan khususnya bagi penulis sendiri. Dengan demikian, HP tersebut dapat membantu seseorang yang membutuhkan antara lain
a.       HP juga membutuhkan hasil hubungan dengan orang lain, yaitu meunculnya keakraban dan persaudaraan.
b.      Hp merupakan jendela pemecahan masalah yang dihadapi remaja
c.       HP juga merupakan sumber informasi.
Dalam beberapa uraian di atas, HP dapat berfungsi sebagai alat komunikasi yang dilewatkan  melalui pesanan serta hubungan antar sesama manusia












BAB IV
PENUTUP

4.1 Kesimpulan
Kesimpulan yang dapat penulis ambil adalah handphone sangat berpengaruh terhadap pola perilaku remaja termasuk terhadap prestasi remaja tersebut didalam sekolah karena handphone sedikit banyak dapat membantu remaja atau pelajar dalam tugas-tugas yang didapat.
 Pengaruh handphone terhadap kepribadian siswa atau pelajar adalah karena penggunaan handphone secara jangka panjang dapat membentuk kepribadian pelajar yang akan berpengaruh terhadap prestasi pelajar pada umumnya.
Dampak penggunaan handphone yaitu dapat membentuk kepribadian pelajar atau siswa yang nantinya akan berpengaruh terhadap prestasi belajarnya.

4.2  Saran
1)  Orang Tua
Saran untuk orang tua yaitu agar lebih memperhatikan anak-anaknya dalam penggunaan handphone, karena penggunaan handphone secara berlebihan dan hingga tidak mengingat waktu akan berpengaruh terhadap prestasi anak secara keseluruhan. Batasi penggunaaan handphone pada anak.



2) Remaja
Untuk remaja khusunya para pelajar agar membatasi dirinya dalam penggunaan handphone, karena segala sesuatu yang berlebihan tidak baik akibnya. Ingatlah tugas pelajar adalah untuk belajar. Karena bermain handphone secara berlebihan dapat mempengaruhi prestasi peelajar.



















DAFTAR PUSTAKA











Tidak ada komentar: