cari

manfaat buah markisa bagi kesehatan tubuh



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
                        Markisa merupakan tanaman buah yang banyak dijumpai di seluruh Indonesia. Buahnya banyak dikonsumsi atau diolah menjadi produk lainnya. Sebelum tahun 1990-an, markisa hanya bisa dibudidayakan di dataran tinggi, dengan ketinggian 1000 m dpl. Pembudidayaan markisa di dataran rendah sering mengalami kegagalan. Tanaman bisa tumbuh subur dengan daun yang sangat lebat, tetapi buahnya tidak ada. Padahal tanaman buah asli Amerika Latin ini terdiri dari beberapa varietas. Di antaranya ada yang dibudidayakan di dataran rendah dengan ketinggian mulai dari 0 m dpl. sd. 600 m dpl. Namun, yang sudah dibudidayakan di Indonesia barulah varietas dataran tinggi. Kawasan yang sudah membudidayakan markisa antara lain Sulawesi Selatan, Sumatera Utara, dan Jawa Barat. 
                        Menurut Jawa Tengah Dalam Angka, luas lahan panen untuk buah markisa mencapai 1.758 pohon dan produksi pertahunnya 808 kuintal dengan rata-rata produksi perpohonnya mencapai 45.96 kg. Dalam perkembangannya, markisa termasuk buah yang mudah tumbuh dan dapat menghasilkan buah dalam jumlah banyak dalam satu kali panen. Hal itu menyebabkan orang yang membudidayakan markisa kurang memanfaatkannya.  Nilai jual markisa di pasaran masih rendah, karena jarang dibeli. Markisa biasanya dikonsumsi oleh orang yang mempunyai pohon markisa atau membudidayakan pohon markisa itu. Pemanfaatan buah markisa selama ini masih belum maksimal.
                        Menurut hasil penelitian dari Balai Penelitian dan Pengembangan Industri, markisa mengandung senyawa seperti air, gula pereduksi, sukrosa, pati, protein kasar, pektin, protopektin, lemak kasar, serat kasar dan abu.  Oleh karena itu, buah markisa dapat dimanfaatkan bagi kesehatan tubuh.

B.     Rumusan Masalah
                        Berdasarkan latar belakang tersebut maka dapat dirumuskan masalah sebagai berikut:
1.      Apa saja kandungan nutrisi buah markisa?
2.      Apakah manfaat buah markisa bagi kesehatan tubuh?

C.    Tujuan
            Berdasarkan Rumusan masalah diatas  tersebut maka tujuan penulisan karya tulis ilmiah ini adalah sebagai berikut:

1.      Untuk mengetahui  kandungan nutrisi dari buah markisa.
2.      Untuk mengetahui apa saja manfaat buah markisa untuk kesehatan tubuh.

D.    Metode Penulisan
                        Metode yang di gunakan dengan cara metote literatur yaitu metode dengan cara membaca buku dan membuka situs- situs internet yang berhubungan dengan karya tulis ini.

E.     Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Waktu penulisan Karya Tulis ini adalah tanggal 29 November – 07 Desember 2014. Tempat pelaksanaannya bertempat di SMA NEGERI 1 Belitang III.



















BAB II
DASAR TEORI

A.    Markisa (Passiflora edulis)
            Markisa tergolong ke dalam tanaman genus Passiflora, berasal dari daerah tropis dan subtropis di Amerika. Nama lain yang dikenal untuk buah ini di antaranya maracujá (Portugis), maracuyá (Spanyol), passion fruit (Inggris), granadilla (Amerika Selatan dan Afrika Selatan), pasiflora (Israel), lilikoʻi (Hawaii), dan lạc tiên, chanh dây atau chanh leo (Vietnam).
            Di Indonesia terdapat dua jenis markisa, yaitu markisa ungu (Passiflora edulis) yang tumbuh di dataran tinggi, dan markisa kuning (Passiflora flavicarva) yang tumbuh di dataran rendah. Beberapa daerah yang menjadi sentra produksi markisa ini antara lain Sumatera Utara, dan Sulawesi Selatan.
                        Sementara itu, ada varian markisa yang tumbuh di daerah Sumatera Barat yang disebut markisa manis (Passiflora edulis forma flavicarva).

 Taksonomi Markisa (Passiflora edulis)
                       Taksonomi Markisa (Passiflora edulis)
Kerajaan
Plantae
Kingdom
Plantae
Filum
Spermathopyta
Ordo
Famili
Genus
Spesies
Passiflora edulis

B.       Ciri – Ciri Morfologi Markisa (Passiflora edulis)
Buah markisa berbentuk seperti agak bulat lonjong dengan diameter sekitar 4 cm, kulitnya berwarna hijau ketika muda dan berubah menjadi ungu sampai hitam saat matang. Warna kulit buah beraneka ragam, tetapi umumnya berwarna kuning, ungu, atau merah emas. Daging buah sangat lunak dan encer dengan biji-biji kecil yang lunak dan bisa dimakan. Rasanya manis, segar, dan kandungan airnya sangat tinggi.

C.     Kandungan Markisa (Passiflora edulis)
          Kandungan yang terdapat dalam markisa di antaranya adalah :
Kandungan markisa
Komposisi
Kandungan
Air
85,60 g
Vitamin A
717,00 SI
Vitamin C
30,00 mg
Mineral besi
0,20 mg
Kalsium
3,60 mg
Fosfor
12,50 mg
Kalori
51,00 kal
Protein
0,40 g
Karbohidrat
13,60 g
Riboflavin
0,10 mg



D.    Manfaat Markisa (Passiflora edulis)
     Beberapa manfaat markisa :
1.      Menambah stamina tubuh
2.      Menghilangkan racun dalam darah
3.      Menjaga kesehatan kulit dan mata
4.      Membangun sistem kekebalan tubuh
5.      Menjaga kesehatan hati dan ginjal
6.      Mengatasi infeksi saluran kemih







BAB III
PEMBAHASAN

A.    Kandungan Nutrisi Buah Markisa
Buah markisa adalah sumber vitamin C yang baik. Satu porsi buah markisa 100 gr mengandung 30 mg vitamin C. Vitamin C adalah merupakan antioksidan yang berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, dalam satu porsi 100 g buah markisa mengandung 1275 IU vitamin A. Vitamin A sangat dapat meningkatkan kualitas penglihatan mata kita dan membantu dalam melawan infeksi, membuat kulit sehat dan cerah serta membantu pertumbuhan sel. Buah markisa juga merupakan sumber kalium, ada sekitar 348 mg dalam 100 g. Kalium adalah mineral yang berguna untuk kesehatan jantung manusia dan membantu fungsi jantung, aliran dan tekanan darah dalam tubuh. Selain kalium, kandungan lain yang terdapat di dalamnya adalah zat besii, kalsium dan magnesium.
Berikut ini adalah penyajian kandungan nutrisi untuk 100 gram buah markisa secara rinci:

Prinsip Nilai Gizi Persentase AKG
Energi 97 Kcal 5%
Karbohidrat 23,38 g 18%
Protein 2,20 g 4%
Total Lemak 0,70 g 3%
Kolesterol 0 mg 0%
Serat Diet 10,40 g 27%
Vitamin
Folates 14 mcg 3%
Niacin 1,500 mg 9%
0,100 mg pyridoxine 8%
Riboflavin 0,130 mg 10%
Thiamin 0,00 mg 0%
Vitamin A 1274 IU 43%
Vitamin C 30 mg 50%
Vitamin E 0,02 mcg <1%
Vitamin K 0,7 mg 0,5%
Elektrolit
Sodium 0 mg 0%
Kalium 348 mg 7%
Mineral
Kalsium 12 mg 1,2%
Tembaga 0,086 mg 9,5%
Besi 1,60 mg 20%
Magnesium 29 mg 7%
Fosfor 68 mg 10%
Selenium 0.6 mcg 1%
Seng 0,10 mcg 1%
Phyto-nutrisi
ß-karoten 743 mcg -
Crypto-xanthin-ß 41 mcg -
Lycopene 0 mcg –




B.     Manfaat Buah Markisa untuk Kesehatan Tubuh
1.      Pemanfaatan Buah Markisa Untuk Penurunan Berat Badan
      Buah markisa memiliki struktur setipe dengan resveratrol ini bernama piceatannol. Memiliki kemampuan yang sama juga dalam hal mengendalikan laju perkembangan lemak dalam tubuh. Selain itu diketahui mampu menjaga kesehatan jantung, melindungi tubuh dari kanker, dan juga penyakit syaraf turunan.
      Zat dengan nama piceatannol ini setelah dikonsumsi tubuh akan mengendalikan obesitas. Hal tersebut dikarenakan kemampuannya dalam menghambat pertumbuhan sel lemak dalam tubuh kita. Zat tersebut mengubah fungsi generik dan kerja insulin yang selama terjadinya proses adipogenesis . Suatu proses awal perubahan lemak dari sel awal menjadi sel lemak yang lebih matang. Dengan adanya zat piceatannol ini maka proses perubahan tersebut akan terhambat, tertunda dan bahkan tidak lengkap.
Dengan kata lain, zat inilah yang membuat anda harus rajin mengkonsumsi buah seperti markisa bila ingin langsing. Selain kandungan zat penting dalam proses pelangsingan tubuh, buah juga dikenal mempunyai kandungan penting lainnya seperti vitamin dan mineral.
Buah markisa merupakan hal yang wajib dikonsumsi bagi orang yang sedang menjalani diet dan markisa merupakan salah satu buah sangat baik untuk dikonsumsi. Hal ini karena markisa memiliki kalori yang rendah serta rendah sodium dan lemak. Markisa juga mengandung karbohidrat serta gula alami dalam jumlah yang baik. Nutrisi pada buah ini bekerja menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh kita.  Kandungan serat yang tinggi dalam buah markisa membuat Anda kenyang, sehingga membuat Anda tidak ingin makan makanan lain lagi.

2.      Buah Markisa Sangat Baik Bagi Penderita Insomia
      Kabar baik bagi Anda yang sering mengalami Insomia. Kandungan Cryptho-xanthin dalam buah markisa memberi efek mengantuk pada sistem saraf manusia sehingga bisa membuat perasaan tenang dan membantu anda dalam merilekskan pirikan. Jadi tidak ada salahnya jika Anda mencoba segelas jus markisa sebelum tidur.
3.      Buah Markisa Mampu Mengatasi Sembelit
         Buah markisa baik untuk kesehatan pencernaan karena mengandung serat yang tinggi. Biji dari buah ini juga dapat dimakan karena mengandung serat. Buah Markisa bisa dijadikan sebagai pencahar ringan bagi Anda yang sedang mengalami sembelit.
4.      Buah Markisa Kaya Antioksidan
Warna ungu kulit buah markisa serta daging yang berwarna oranye, menunjukkan bahwa buah ini kaya akan kandungan antioksidan. Antioksidan berguna untuk menghambat pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh. Salah satu antioksidan utama yang dapat ditemukan dalam buah ini adalah beta-karoten. secara umum diantaranya sebagai antioksidan atau zat yang bermanfaat untuk memproteksi dan melindungi tubuh dari radikal bebas dan menjaga kekebalan tubuh dari serangan penyakit.
Beta karoten dapat ditemukan pada banyak jenis sayuran dan buah-buahan, misalnya pada wortel, buah labu, blewah, brokoli, bayam, mangga, melon, apricot dan juga pada markisa atau pada jenis buah lain yang mempunyai warna kuning (orange)
Selama ini beta karoten dikenal karena antioksidannya yang kuat sebagai pelindung terhadap kemungkinan timbulnya kerusakan terhadap sel tubuh, sehingga dalam beberapa penelitian yang dilakukan para ahli bahwa konsumsi sayur atau buah yang memiliki banyak vitamin beta-karoten dapat meminimalisir resiko terkena serangan beberapa jenis kanker dan jantung.
5.      Buah Markisa Sangat Baik bagi Penderita Asma:
Vitamin C dalam buah markisa juga memiliki efek memblokir histamin yang menyebabkan gejala asma. Jadi sangat bagus untuk dikonsumsi bagi anda yan menderita asma, sebagai obat herbal yang mampu menekan efek samping.




BAB IV
Kesimpulan dan saran
A.    Kesimpulan
            Dari pembahasan yang telah dijabarkan pada bab sebelumnya maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut:
1.      Buah markisa memiliki kandungan nutrisi vitamin C dan serat yang cukup tinggi, mengkonsumsi 200 gram buah markisa sehari mampu memenuhi kebutuhan vitamin C harian tubuh.
2.      Buah markisa sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia, kandungan anti-oksidan berupa beta karoten, mampu menangkal kangker, gangguan jantung dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

B.     Saran
            Dari kesimpulan diatas maka penulis menyarankan:
1.      Mengkonsumsi buah markisa 200 gram buah markisa sehari untuk  memenuhi kebutuhan vitamin C harian tubuh.
2.      Memanfaatkan buah markisa sebagai sumber anti-oksidan alami yang murah untuk menjaga kesehatan tubuh.

















DAFTAR PUSTAKA

Manfaat Kesehatan dari Buah Markisa” ,07 Desember 2014 www.factsandhealth.blogspot.com(diakses 07 Desember 2014).
“Nilai Kandungan Gizi Markisa”, www.emoo-esprit.blogspot.com(diakses 07 Desember 2014).
http://manfaatin.com/manfaat-buah-markisa-untuk-kesehatan










Tidak ada komentar: