BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Dewasa ini, perkembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi semakin melesat mengikuti perkembangan zaman yang
semakin modern. Ilmu pengetahuan dan teknologi turut menjadi pendukung
berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi yang memudahkan setiap orang
untuk mendapatkan informasi serta berkomunikasi dalam waktu yang singkat, kapan
pun dan di mana pun. Dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi
tersebut memberikan peluang sebesar-besarnya bagi siapa saja yang ingin
mendapatkan informasi atau hal baru lainnya.
Dengan adanya perkembangan IPTEK,
kita medapatkan berbagai kemudahan dalam melaksanakan kegiatannya sehari-hari.
Bahkan saat sekarang ini hampir setiap orang , tidak bisa terpisah dari adanya
teknologi, setiap orang memanfaatkan alat komunikasi langsung jarak jauh
seperti HP untuk berhubungan dengan orang lain yang berjauhan. Orang kalau
ingin bepergian ke luar negeri tidak lagi memerlukan waktu yang lama, karena
mereka tinggal naik pesawat terbang, dengan beberapa menit saja mereka sudah
sampai di tempat tujuan yang dituju, selain itu berbagai kegiatan yang pada
awalnya dilakukan dengan menggunakan banyak tenaga manusia untuk
mengerjakannya, kini dengan adanya perkembangan IPTEK semuanya itu dapat teratasi
dengan penggunaan tenaga mesin untuk melakukan pekerjaan tersebut dengan waktu
yang relatif lebih cepat daripada menggunakan tenaga manusia secara manual.
Namun, hal ini tentunya membawa
dampak atau pengaruh bagi kehidupan masyarakat secara umum dan bagi generasi
muda secara khusus. Dampak atau pengaruh tersebut ada yang bersifat positif dan
ada pula yang bersifat negatif, tergantung bagaimana setiap orang menyikapi
perkembangan teknologi informasi dan komunikasi tersebut. Apabila keberadaannya
dimanfaatkan sebaik mungkin, tentunya akan memberi manfaat yang baik pula,
begitupun sebaliknya jika teknologi informasi dan komunikasi disalahgunakan
tentu akan memberikan dampak yang buruk.
Sebagian besar generasi muda
sekarang terkadang salah dalam menggunakan teknologi yang ada untuk hal-hal
yang cenderung negatif dan untuk senang-senang belaka. Hal ini yang melatar
belakangi penulis untuk meneliti tentang “Dampak Perkembangan teknologi
Terhadap Pelajar”
1.2 Rumusan Masalah
Yang
menjadi rumusan permasalah penulis adalah:
1 Bagaimana
Pengaruh IPTEK pada pelajar?
2. Cara
memanfaatkan IPTEK yang baik bagi pelajar
1.3 Tujuan
Tujuan penulis membuat makalah ini
adalah untuk memberikan informasi kepada para pembaca tentang :
1.
kemajuan
IPTEK dan dampaknya pada kehidupan generasi muda khususnya, terutama dalam
bidang pendidikan dan sosial yang sering di jumpai dalam kehidupan sehari-hari.
2.
Cara
penggunaan IPTEK untuk menunjang prestasi bagi pelajar.
1.4
Metode Penelitian dan Penulisan
1.4.1
Metode penelitian
1.4.2
Metode Penulisan
Penulis
menggunakan metode penelitian deskriptif karena penelitian ini mempunyai tujuan
untuk memperoleh jawaban yang terkait dengan pendapat, tanggapan atau persepsi
seseorang sehingga pembahasannya harus secara kualitatif atau menggunakan
uraian kata-kata. “Penelitian deskriptif mencoba mencari deskripsi yang tepat
dan cukup dari semua aktivitas, objek, proses, dan manusia”. (Sulistyo-Basuki,
2010:110).
BAB II
LANDASAN TEORI
2.1 Pengertian IPTEK
Nana Syaodih S. (1997: 67)
menyatakan bahwa sebenarnya sejak dahulu teknologi sudah ada atau manusia sudah
menggunakan teknologi. Kalau manusia pada zaman dulu memecahkan kemiri dengan
batu atau memetik buah dengan galah, sesungguhnya mereka sudah menggunakan teknologi,
yaitu teknologi sederhana.
Terkait dengan teknologi, Anglin mendefinisikan teknologi sebagai penerapan ilmu-ilmu perilaku dan alam serta pengetahuan lain secara bersistem dan menyistem untuk memecahkan masalah. Ahli lain, Kast & Rosenweig menyatakan Technology is the art of utilizing scientific knowledge. Sedangkan Iskandar Alisyahbana (1980:1) merumuskan lebih jelas dan lengkap tentang definisi teknologi yaitu cara melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan alat dan akal sehingga seakan-akan memperpanjang, memperkuat, atau membuat lebih ampuh anggota tubuh, panca indera, dan otak manusia.
Menurut Iskandar Alisyahbana (1980) Teknologi telah dikenal manusia sejak jutaan tahun yang lalu karena dorongan untuk hidup yang lebih nyaman, lebih makmur dan lebih sejahtera. Jadi sejak awal peradaban sebenarnya telah ada teknologi, meskipun istilah “teknologi belum digunakan. Istilah “teknologi” berasal dari “techne “ atau cara dan “logos” atau pengetahuan. Jadi secara harfiah teknologi dapat diartikan pengetahuan tentang cara. Pengertian teknologi sendiri menurutnya adalah cara melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan akal dan alat, sehingga seakan-akan memperpanjang, memperkuat atau membuat lebih ampuh anggota tubuh, pancaindra dan otak manusia.
Sedangkan menurut Jaques Ellul (1967: 1967 xxv) memberi arti teknologi sebagai” keseluruhan metode yang secara rasional mengarah dan memiliki ciri efisiensi dalam setiap bidang kegiatan manusia”Pengertian teknologi secara umum adalah:
·
proses
yang meningkatkan nilai tambah produk yang digunakan dan dihasilkan untuk
memudahkan dan meningkatkan kinerja
·
Struktur atau sistem di mana proses dan produk
itu dikembangkan dan digunakan
Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita
hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai
dengan kemajuanm ilmu pengetahuan. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan
manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta
sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia. Khusus dalam bidang
teknologi masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh
inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini. Namun
demikian, walaupun pada awalnya diciptakan untuk menghasilkan manfaat positif,
di sisi lain juga juga memungkinkan digunakan untuk hal negatif.
2.2 Sejarah Perkembangan IPTEK
Perkembangan Teknologi mengakibatkan
perubahan signifikan terhadap seluruh aspek kehidupan manusia. Perkembangan
teknologi informasi meliputi perkembangan infrastruktur teknologi,
khususnya dalam bidang teknologi informasi, seperti adanya hardware, software,
teknologi penyimpanan data (storage),
dan teknologi komunikasi (Laudon, 2006: 174). Perkembangan teknologi tidak hanya mempengaruhi dunia bisnis, tetapi juga bidang-bidang lain, seperti kesehatan,pendidikan, pemerintahan, dan lain-lain. Tahun 1650 sampai dengan 1955 dinyatakan oleh Alvin Toffler sebagai era industri. Era ini dimulai dengan terjadinya revolusi industri, yaitu sejak ditemukannya mesin-mesin industri. Tenaga kerja manusia di dalam pabrik mulai diganti dengan mesin. Namun seiring dengan bergulirnya waktu, saat ini kita berada pada zaman Teknologi dan Informasi. Sebagai contoh, kini telah di temukan alat elektronik anti bakteri pda mesin cuci, lemari es dan pendingin ruangan yaitu dengan menggunakan teknologi nano.
Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Perkembangan teknologi memang sangat diperlukan.
dan teknologi komunikasi (Laudon, 2006: 174). Perkembangan teknologi tidak hanya mempengaruhi dunia bisnis, tetapi juga bidang-bidang lain, seperti kesehatan,pendidikan, pemerintahan, dan lain-lain. Tahun 1650 sampai dengan 1955 dinyatakan oleh Alvin Toffler sebagai era industri. Era ini dimulai dengan terjadinya revolusi industri, yaitu sejak ditemukannya mesin-mesin industri. Tenaga kerja manusia di dalam pabrik mulai diganti dengan mesin. Namun seiring dengan bergulirnya waktu, saat ini kita berada pada zaman Teknologi dan Informasi. Sebagai contoh, kini telah di temukan alat elektronik anti bakteri pda mesin cuci, lemari es dan pendingin ruangan yaitu dengan menggunakan teknologi nano.
Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Perkembangan teknologi memang sangat diperlukan.
Setiap inovasi diciptakan untuk
memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak
kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia. Khusus
dalam bidang teknologi masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa
oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini. Namun
manusia tiudak bisa menipu diri sendiri akan kenyataan bahwa teknologi
mendatangkan berbagai efek negatif bagi manusia.
Oleh karena itu untuk mencegah atau mengurangi akibat negatif kemajuan teknologi, pemerintah di suatu negara harus membuat peraturan-peraturan atau melalui suatu konvensi internasional yang harus dipatuhi oleh pengguna teknologi.
Adapun cara untuk melengkapi kecerdasan Generasi Bangsa saat ini dan Untuk melengkapi kecerdasan iptek para pelajar, diperlukan pula penyelarasan pengajaran iptek dengan pengajaran imtaq. Sehingga terbentuklah manusia-manusia cerdas dan bermoral yang dapat menghasilkan berbagai teknologi yang bermanfaat bagi umat manusia.Diantaranya adalah:
Oleh karena itu untuk mencegah atau mengurangi akibat negatif kemajuan teknologi, pemerintah di suatu negara harus membuat peraturan-peraturan atau melalui suatu konvensi internasional yang harus dipatuhi oleh pengguna teknologi.
Adapun cara untuk melengkapi kecerdasan Generasi Bangsa saat ini dan Untuk melengkapi kecerdasan iptek para pelajar, diperlukan pula penyelarasan pengajaran iptek dengan pengajaran imtaq. Sehingga terbentuklah manusia-manusia cerdas dan bermoral yang dapat menghasilkan berbagai teknologi yang bermanfaat bagi umat manusia.Diantaranya adalah:
1. learning to know, yaitu para
Generasi akan dapat memahami dan menghayati bagaimana suatu pengetahuan dapat
diperoleh dari fenomena yang terdapat dalam lingkungannya. Dengan pendekatan ini
diharapkan akan lahir generasi yang memiliki kepercayaan bahwa manusia sebagai
kalifah Tuhan di bumi diberi kemampuan untuk mengelola dan mendayagunakan alam
bagi kemajuan taraf hidup manusia
2. learning to do, yaitu menerapkan
suatu upaya agar para generasi menghayati proses belajar dengan melakukan
sesuatu yang bermakna.
3. learning to be, yaitu proses
pembelajaran yang memungkinkan lahirnya manusia terdidik yang mandiri.l
4. learning to live together, yaitu
pendekatan melalui penerapan paradigma ilmu pengetahuan, seperti pendekatan
menemukan dan pendekatan menyelidik akan memungkinkan para generasi menemukan
kebahagiaan dalam belajar.
BAB III
PEMBAHASAN
3.1 Manfaat dan Dampak dari Kemajuan
IPTEK
Kemajuan dunia
iptek yang demikian pesatnya telah membawa manfaat luar biasa bagi kemajuan
peradaban umat manusia. Jenis-jenis pekerjaan yang sebelumnya menuntut
kemampuan fisik cukup besar, kini relatif sudah bisa digantikan oleh perangkat
mesin-mesin otomatis. Sistem kerja robotis telah mengalihfungsikan tenaga otot
manusia dengan pembesaran dan percepatan yang menakjubkan.
Begitupun dengan telah ditemukannya
formulasi-formulasi baru aneka kapasitas komputer, seolah sudah mampu menggeser
posisi kemampuan otak manusia dalam berbagai bidang ilmu dan aktivitas manusia.
Ringkas kata, kemajuan iptek yang telah kita capai sekarang benar-benar telah
diakui dan dirasakan memberikan banyak kemudahan dan kenyamanan bagi kehidupan
umat manusia.
Bagi masyarakat sekarang, iptek
sudah merupakan suatu religion. Pengembangan iptek dianggap sebagai solusi dari
permasalahan yang ada. Sementara orang bahkan memuja iptek sebagai liberator
yang akan membebaskan mereka dari kungkungan kefanaan dunia. Iptek
diyakini akan memberi umat manusia kesehatan, kebahagiaan dan imortalitas.
Sumbangan iptek terhadap peradaban dan kesejahteraan manusia tidaklah dapat
dipungkiri. Namun manusia tidak bisa pula menipu diri akan kenyataan bahwa
iptek mendatangkan malapetaka dan kesengsaraan bagi manusia. Dalam peradaban
modern yang muda, terlalu sering manusia terhenyak oleh disilusi dari dampak
negatif iptek terhadap kehidupan umat manusia. Kalaupun iptek mampu mengungkap
semua tabir rahasia alam dan kehidupan, tidak berarti iptek sinonim dengan
kebenaran. Sebab iptek hanya mampu menampilkan kenyataan. Kebenaran yang
manusiawi haruslah lebih dari sekedar kenyataan obyektif. Kebenaran harus
mencakup pula unsur keadilan. Tentu saja iptek tidak mengenal moral kemanusiaan,
oleh karena itu iptek tidak pernah bisa mejadi standar kebenaran ataupun solusi
dari masalah-masalah kemanusiaan.
3.1.1
Dampak Positif Kemajuan IPTEK
Dampak positif yang dapat di
timbulkan oleh adanya kemajuan IPTEK secara umum adalah sebagai berikut :
1. Bertambahnya
pengetahuan dan wawasan
Komputer dahulu termasuk jenis
peralatan yang sangat canggih, dimana hanya orang-orang tertentu yang mampu
membelinya apalagi menggunakannya. Namun seiring dengan perkembangan iptek,
peralatan elektronik seperti computer, internet, dan handphone (Hp) sudah
menjadi benda yang menjamur. Dimana tidak hanya orang-orang tertentu yang mampu
menggunakannya, bahkan anak-anak di bawah umurpun dapat menggunakannya. Inilah
pengaruh positif perkembangan iptek di era globalisasi terhadap ilmu
pengetahuan dan wawasan masyarakat kita.
2. Mempermudah
meluasnya berbagai informasi
Informasi merupakan hal yang sangat
penting bagi kita, dimana tanpa informasi kita akan serba ketinggaln. terlebih
lagi ketika berbagai media cetak dan elektronik berkembang pesat. Hal ini
memaksa kita untuk mau tidak mau harus bisa dan selalu mendapatkan berbagai
informasi. Pada masa dahulu, kegiatan pengiriman berita sangat lambat, hal ini
di karenakan kegiatan tersebut masih di lakukan secara tradisional baik itu
secara lisan maupun dengan menggunakan sepucuk surat. Namun sekarang kegiatan
semacam ini sudah hampir punah, dimana perkembangan IPTEK telah merubah
segalanya, dan kita pun tidak perlu menunggu lama untuk mengirim atau menerima
berita.
3. Memberikan
berbagai kemudahan
Perkembangan IPTEK mampu membantu
manusia dalam beraktifitas. Terutama yang berhubungan dengan kegiatan
perindustrian dan telekomunikasi. Namun, dampak dari perkembangan IPTEK juga
berdampak ke berbagai hal seperti kegiatan pertanian, yang dulunya membajak
sawah dengan menggunakan alat tradisional, kini sudah menggunakan peralatan
mesin.sehingga aktifitas penanaman dapat lebih cepat di laksanakan tanpa
memakan waktu yang lama dan tidak pula terlalu membutuhkan tenaga yang banyak.
Ini adalah contoh kecil efek positif perkembangan IPTEK di dalam membantu
aktifitas manusia dalam kehidupan sehari-hari.
3.1.2
Dampak Negatif Kemajuan IPTEK
Sedangkan dampak negatif adanya
kemajuan IPTEK secara umum adalah sebagai berikut :
1. Banyak
menimbulkan berbagai kerusakan
Indonesia
di kenal sebagai Negara yang kaya akan sumber daya alamnya, namun hingga akhir
ini, Indonesia lebih di kenal sebagai Negara yang sedang berkembang dan terus
berkembang entah sampai kapan. Dan kita juga tidak mengetahui kapan istilah
Negara berkembang tersebut berubah menjadi Negara maju. Salah satu contoh kecil
yang lebih spesifik adalah beberapa tahun yang lalu sekitar di bawah tahun
2004, kota pekanbaru yang terletak di propinsi Riau, lebih di kenal sebagi kota
“Seribu Hutan”, namun dalam waktu yang relative singkat, istilah seribu hutan
kini telah berubah menjadi istilah yang lebih modern, yakni kota “Seribu Ruko”
di mana dalam waktu yang singkat, perkembangan pembangunan di kota ini amat
sangat pesat. Mulaialah berdiri berbagai kegiatan iasesi, Perhotelan, Mal, dan
Gedung-gedung bertingkat serta perumahan berdiri di mana-mana.akibatnya
aktifitas tradisional lumpuh, hutan gundul sehingga banyak menimbulkan berbagai
macam bencana seperti banjir, tanah longsor serta polusi terjadi di mana-mana.
Inilah dampak yang harus di terima masyarakat kita hingga ke anak cucu.
2. Mempengaruhi
pola berpikir
Masyarakat Indonesia adalah
masyarakat yang agresif dan penasaran serta suka dengan hal baru. Terutama sekali
dengan adanya berbagai perubahan pada berbagai peralatan elektronik. Namun
ternyata perkembangan tersebut tidak hanya berdampak terhadap pola berpikir
anak, juga berdampak terhadap pola berpikir orang dewasa dan orang tua.
Terlebih lagi setiap harinya masyarakat kita di sajikan dengan berbagai siaran
yang kurang bermanfaat dari berbagi media elektronik.
3. Hilangnya
budaya Tradisional
Dengan berdirinya berbagai gedung
mewah seperti mal, perhotelan dll, mengakibatkan hilangnya budaya tradisional
seperti kegiatan dalam perdagangan yang dulunya lebih di kenal sebagai pasar
tradisional kini berubah menjadi pasar modern. Begitu juga terhadap pergaulan
anak-anak dan remaja yang sekarang sudah mengarah kepada pergaulan bebas.
Selain hal-hal yang disebutkan di
atas, berikut adalah dampak IPTEK pada kehidupan generasi muda di bidang
pendidikan dan sosial yang cukup besar.
3.1.3
Dampak Positif Kemajuan IPTEK bagi Pelajar
A.
Dampak Kemajuan IPTEK pada Kehidupan Generasi Muda di Bidang Pendidikan Perkembangan IPTEK telah memberikan
pengaruh terhadap dunia pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran. Menurut
Rosenberg (2001), dengan berkembangnya penggunaan TIK ada lima pergeseran dalam
proses pembelajaran yaitu:
1) dari pelatihan ke penampilan
2) dari ruang kelas ke di mana dan
kapan saja
3) dari kertas ke “on line” atau
saluran
4) fasilitas fisik ke fasilitas
jaringan kerja
5) dari waktu siklus ke waktu nyata
Komunikasi sebagai media pendidikan
dilakukan dengan menggunakan media-media komunikasi seperti telepon, komputer,
internet, e-mail, dsb. Interaksi antara guru dan siswa tidak hanya dilakukan
melalui hubungan tatap muka tetapi juga dilakukan dengan menggunakan
media-media tersebut. Guru dapat memberikan layanan tanpa harus berhadapan
langsung dengan siswa. Demikian pula siswa dapat memperoleh informasi dalam
lingkup yang luas dari berbagai sumber melalui cyber space atau ruang maya
dengan menggunakan komputer atau internet. Hal yang paling mutakhir adalah
berkembangnya apa yang disebut “cyber teaching” atau pengajaran maya, yaitu
proses pengajaran yang dilakukan dengan menggunakan internet.
Berdasarkan beberapa hal yang telah
disebutkan diatas, dampak positif IPTEK dapat di ringkas sebagai berikut
:
1. Munculnya media massa, khususnya
media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat pendidikan. Dampak dari hal ini
adalah guru bukannya satu-satunya sumber ilmu pengetahuan.
2. Munculnya metode-metode pembelajaran
yang baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Dengan
kemajuan teknologi terciptalah metode-metode baru yang membuat siswa mampu
memahami materi-materi yang abstrak, karena materi tersebut dengan bantuan
teknologi bisa dibuat abstrak.
3. Sistem pembelajaran tidak harus
melalui tatap muka.
Dengan kemajuan teknologi proses pembelajaran tidak harus mempertemukan siswa dengan guru, tetapi bisa juga menggunakan jasa pos internet dan lain-lain.
Dengan kemajuan teknologi proses pembelajaran tidak harus mempertemukan siswa dengan guru, tetapi bisa juga menggunakan jasa pos internet dan lain-lain.
Selain dampak positif tersebut, IPTEK bagi dunia pendidikan juga mempunyai
dampak negatif sebagai berikut :
1. Kerahasiaan alat tes semakin
terancam Program tes inteligensi seperti tes Raven, Differential Aptitudes Test
dapat diakses melalui compact disk.. Implikasi dari permasalahan ini adalah,
tes psikologi yang ada akan mudah sekali bocor, dan pengembangan tes psikologi
harus berpacu dengan kecepatan pembocoran melalui internet tersebut.
2. Penyalah gunaan pengetahuan bagi
orang-orang tertentu untuk melakukan tindak kriminal. Kita tahu bahwa kemajuan
di badang pendidikan juga mencetak generasi yang berepngetahuan tinggi tetapi
mempunyai moral yang rendah. Contonya dengan ilmu komputer yang tinggi maka
orang akan berusaha menerobos sistem perbangkan dan lain-lain.
B. Dampak Kemajuan IPTEK pada
Kehidupan Generasi Muda di Bidang Sosial
Proses saling mempengaruhi adalah
gejala yang wajar dalam interaksi antar masyarakat. Melalui interaksi dengan
berbagai masyarakat lain, bangsa Indonesia ataupun kelompok-kelompok masyarakat
yang mendiami nusantara (sebelum Indonesia terbentuk) telah mengalami proses
dipengaruhi dan mempengaruhi. Dengan adanya teknologi proses tersebut dapat
berjalan lebih cepat dan mudah. Akan, tetapi hal itu juga akan menimbulkan
dampak positif dan negatif pada kehidupan generasi muda.
Dampak Positif pada generasi muda yang
timbul dari kemajuan IPTEK :
1. Perbedaan kepribadian pria dan
wanita.
Banyak pakar yang berpendapat bahwa
kini semakin besar porsi wanita yang memegang posisi sebagai pemimpin, baik
dalam dunia pemerintahan maupun dalam dunia bisnis. Bahkan perubahan perilaku
ke arah perilaku yang sebelumnya merupakan pekerjaan pria semakin menonjol.Data
yang tertulis dalam buku Megatrend for Women:From Liberation to Leadership yang
ditulis oleh Patricia Aburdene & John Naisbitt (1993) menunjukkan bahwa
peran wanita dalam kepemimpinan semakin membesar. Semakin banyak wanita yang
memasuki bidang politik, sebagai anggota parlemen, senator, gubernur, menteri,
dan berbagai jabatan penting lainnya.
2. Meningkatnya rasa percaya diri
Kemajuan ekonomi di negara-negara
Asia melahirkan fenomena yang menarik. Perkembangan dan kemajuan ekonomi telah
meningkatkan rasa percaya diri dan ketahanan diri sebagai suatu bangsa akan
semakin kokoh. Bangsa-bangsa Barat tidak lagi dapat melecehkan bangsa-bangsa
Asia.
3. Tekanan, kompetisi yang tajam di
pelbagai aspek kehidupan sebagai konsekuensi globalisasi, akan melahirkan
generasi yang disiplin, tekun dan pekerja keras.
Dampak negatif pada generasi
muda yang timbul dari kemajuan IPTEK :
1. Kemerosotan moral di kalangan warga
masyarakat, khususnya di kalangan remaja dan pelajar. Kemajuan kehidupan
ekonomi yang terlalu menekankan pada upaya pemenuhan berbagai keinginan
material, telah menyebabkan sebagian warga masyarakat menjadi “kaya dalam
materi tetapi miskin dalam rohani”.
2. Kenakalan dan tindak menyimpang di kalangan
remaja semakin meningkat semakin lemahnya kewibawaan tradisi-tradisi yang ada
di masyarakat, seperti gotong royong dan tolong-menolong telah melemahkan
kekuatan-kekuatan sentripetal yang berperan penting dalam menciptakan kesatuan
sosial. Akibat lanjut bisa dilihat bersama, kenakalan dan tindak menyimpang di
kalangan remaja dan pelajar semakin meningkat dalam berbagai bentuknya, seperti
perkelahian, corat-coret, pelanggaran lalu lintas sampai tindak kejahatan.
3. Pola interaksi antar manusia yang
berubah.
Kehadiran komputer pada kebanyakan rumah tangga golongan menengah ke atas telah merubah pola interaksi keluarga. Komputer yang disambungkan dengan telpon telah membuka peluang bagi siapa saja untuk berhubungan dengan dunia luar. Selain itu tersedianya berbagai warung internet (warnet) telah memberi peluang kepada banyak orang yang tidak memiliki komputer dan saluran internet sendiri untuk berkomunikasi dengan orang lain melalui internet. Kini semakin banyak orang yang menghabiskan waktunya sendirian dengan komputer. Melalui program internet relay chatting (IRC) anak-anak bisa asyik mengobrol dengan teman dan orang asing kapan saja.
Kehadiran komputer pada kebanyakan rumah tangga golongan menengah ke atas telah merubah pola interaksi keluarga. Komputer yang disambungkan dengan telpon telah membuka peluang bagi siapa saja untuk berhubungan dengan dunia luar. Selain itu tersedianya berbagai warung internet (warnet) telah memberi peluang kepada banyak orang yang tidak memiliki komputer dan saluran internet sendiri untuk berkomunikasi dengan orang lain melalui internet. Kini semakin banyak orang yang menghabiskan waktunya sendirian dengan komputer. Melalui program internet relay chatting (IRC) anak-anak bisa asyik mengobrol dengan teman dan orang asing kapan saja.
3.2 Cara Memanfaatkan
IPTEK yang Baik
Selain sejarah dan dampak yang dapat
di timbulkan oleh IPTEK, kita juga harus mengerti cara memanfaatkan IPTEK yang
baik agar tidak terjerumus ke dalam hal yang negatif. Berikut adalah cara-cara
memanfaatkan IPTEK yang baik :
1.
Gunakan
IPTEK untuk hal-hal yang positif dan tidak mengganggu kepentingan orang lain,
sehingga akan tercipta kehidupan yang sailng menghormati satu sama lain.
2.
Menggunakan
IPTEK seperlunya dan tidak menggunakannya untuk hal-hal yang kurang penting dan
membuang-buang waktu.
3.
Gunakan
teknologi yang anda kuasai untuk menjalin hubungan yang lebih intents
dengan teman atau orang-orang yang sebelumnya telah anda kenal didunia
nyata. Jangan terobsesi untuk mencari teman-teman baru di Facebook, twitter ,
atau social media yang lain karena kecenderungan yang terjadi, mereka yang hanya
anda kenal didunia maya tidak akan memberikan nilai persahabatan yang
mutualisme atau saling mensupport antara satu dan yang lain didunia nyata.
4.
Jika
anda ingin mencari teman-teman yang baru didunia maya, carilah komunitas
positif yang sering melakukan pertemuan didunia nyata atau biasa dikenal dengan
istilah kopdar atau kopi darat. Komunitas seperti inilah yang benar-benar akan
mengasah kemampuan komunikasi anda karena komunitas-komunitas ini seringkali
memberikan kita inspirasi dan dukungan yang optimal pada kehidupan anda.
BAB IV
PENUTUP
4.1 Kesimpulan
Ilmu Pengetahuan dan teknologi
adalah suatu bagian yang tak lepas dari kehidupan manusia dari awal peradaban
sampai akhir dari segala akhir kehidupan manusia. Kemajuan teknologi
mempunyai peran yang sangat besar bagi kemajuan kehidupan di zaman globalisasi
ini. Perkembangan teknologi sejaln dengan pemikiran-pemikiran manusia yang juga
semakin berkemabang. Perkembangan teknologi memang sangat diperlukan. Setiap
inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan
manusia, memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan
aktifitas manusia. Khusus dalam bidang teknologi masyarakat sudah menikmati
banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam
dekade terakhir ini. Namun manusia tidak bisa menipu diri sendiri akan
kenyataan bahwa teknologi mendatangkan berbagai efek negatif bagi manusia.
Dengan adanya perkembangan IPTEK,
generasi muda sangat banyak terbantu untuk memenuhi berbagai kebutuhan dan
menyelesaikan berbagai permasalahan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari,
tetapi disisi lain kita sebagai generasi muda juga harus sadar akan adanya
berbagai macam ancaman yang dapat ditimbulkan oleh adanya perkembangan IPTEK
tersebut, yang akan dapat membahayakan bagi diri kita sendiri.
Akan tetapi, apabila kita dapat
menggunakan teknologi dengan sebaik-baiknya maka kita dapat mendapatkan dampak
positif bagi kehidupan kita baik untuk diri sendiri maupun untuk orang
lain.
4.2
Saran
Kesadaran masing-masing orang untuk
mnggunakan IPTEK dengan sebaik-baiknya adalah hal paling utama untuk
tercapainya pemanfaatan IPTEK secara positif. Selain itu, maing-masing individu
harus menyadari dampak negatif dari IPTEK dan menekan dampak negatif tersebut
agar tidak merugikan diri sendiri dan orang lain.
Kerjasama semua pihak seperti
pemerintah, orang tua dan guru juga akan sangat membantu penekanan dampak
negatif IPTEK. bagi pemerintah, disusunnya peraturan yang pasti tentang IPTEK
dan pengunaannya akan membantu para pengguna IPTEK mengetahui batas-batas
penggunaanya. Bagi orag tua dan guru, arahan dan bimbingan akan mejadikan
generasi muda mengetahui pemakaian IPTEK secara tepat dan positif.
DAFTAR PUSTAKA
Alisyahbana,
Iskandar. 1980. Teknologi dan perkembangan. Jakarta : Yayasan
Idayu Judul : Dampak Kemajuan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi
(IPTEK) Terhadap Kehidupan Manusia Dan Sistem PendidikanAlamat
:http://www.edukasi.net/karyaanda/viewkarya.php?kid=16Penulis :
Amiruddin, Judul : Potensi Teknologi dan Komunikasi:
Teknologi Informasi dan Komunikasi.
http://lenijuwita.wordpress.com/2007/03/10/ Penulis
: Judul : Usaha Sia-sia Mengurangi Dampak Negatif Kemajuan
Teknologi.
http://www.tekkomdik-sumbar.org/problematika_sptr_guru_24.htmlPenulis : Kompas, , Senin 28 Mei
2007.
http://alambudsos.wordpress.com
http://ejournal.unud.ac.id
http://www.nano.lipi.go.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar